Takut Jambret, Orang Meksiko Ramai-ramai Beli Ponsel Imitasi

Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Takut Jambret, Orang Meksiko Ramai-ramai Beli Ponsel Imitasi
Ilustrasi penjambret ponsel di Meksiko. (Shutterstock)

Berhasilkah orang Meksiko mengelabui jambret dengan ponsel imitasi?

Suara.com - Takut Jambret, Orang Meksiko Ramai-ramai Beli Ponsel Imitasi.

Berjalan di jalanan Mexico City atau menggunakan transportasi umum adalah dua hal yang sangat berbahaya untuk dilakukan di sana.

Menurut data terkini, rata-rata terjadi 70 kekerasan yang dilaporkan dilakukan para berandalan di ibukota negara Meksiko tersebut dalam empat bulan pertama 2019.

sekitar 2/3 dari kejahatan yang dilakukan, menimpa para pejalan kaki, lalu pengguna transportasi publik atau pemotor yang terjebak kemacetan.

Korban biasanya dirampas harta bawaannya seperti tas dan ponsel. Begitu menyeramkan dan terlalu sering, sampai-sampai di sana, banyak warga yang membeli ponsel imitasi atau palsu untuk mengelabui penjahat.

Ponsel pintar bohongan tersebut dijual seharga $15 hingga $25 atau sekitar Rp 217.000 sampai Rp 361.000. Didesain sangat mirip, benda tiruan tersebut dianggap pas untuk mengelabui para penjahat jalanan di Meksiko.

"Ini berguna, angka kejahatan di Mexico City sangat tinggi. Mereka bilang, 'serahkan ponsel Anda atau apa saja.' Dan orang-orang tahu mereka harus memberikan ponsel segera, jadi mereka berikan ponselnya dan kadang penjahat itu tidak sadar kalau ponselnya palsu," kata Axel, seorang penjual ponsel palsu berbicara kepada Associated Press dilansir dari Odditycentral.

Axel yang tidak ingin nama belakangnya diketahui karena alasan keamanan mengaku bahwa para kliennya tahu mereka membeli ponsel yang tidak memiliki guna seperti ponsel seharusnya. Tapi itu inti dari semua itu, klien hanya ingin membodoh-bodohi para penjahat.

Tapi bagaimana juga, tindakan tersebut akan sangat berbahaya jika si pelaku kejahatan menyadari bahwa ponsel yang mereka terima adalah ponsel imitasi.

Itu juga mengapa banyak orang Meksimo memilih membeli ponsel imitasi atau ponsel murah untuk menghindari jambret.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS