Lebaran di Pacitan, Ini Makanan khas Kampung Halaman SBY

Silfa Humairah Utami
Lebaran di Pacitan, Ini Makanan khas Kampung Halaman SBY
Soto Pacitan, salah satu makanan khas kampung halaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Instagram/@The.Lucky.Belly)

Ada banyak makanan tradisional khas Pacitan yang wajib dicoba saat mudik ke kampung halaman SBY.

Suara.com - Lebaran di Pacitan, Ini Makanan Khas Kampung Halaman SBY.

Bagi Anda yang menyambangi Kota Pacitan di Jawa Timur tidak boleh melewatkan kesempatan menyicipi makanan khas kampung halaman Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono yang populer dengan sebutan SBY.

Sarat dengan kuliner lokal yang merakyat, kuliner ini wajib diburu saat menghabiskan liburan Lebaran atau di perjalanan mudik. 

Ini daftar rekomendasi kuliner khas Pacitan yang khas dan pasti bikin ketagihan, mulai dari Soto Pacitan hingga Sale Pisang Pacitan, semuanya punya daya tarik sendiri yang bikin beda dari kota-kota lainnya.

Soto Pacitan

Soto Pacitan. (Instagram/@The.Lucky.Belly)
Soto Pacitan. (Instagram/@The.Lucky.Belly)

Di beberapa kota memiliki soto khasnya sendiri-sendiri. begitu pula dengan Soto Pacitan yang khas dengan kacang goreng gurih, seledri dan cambah.

Jadi bukan hanya berisikan suwiran daging ayam dengan kuah bening dan bawang goreng. Soto Pacitan lebih ramai bahan-bahan pelengkapnya yang membuat sajian makin segar dan gurih. 

Tahu Tuna

Tahu Tuna Pacitan. (Instagram/@Tahu.Tuna.Pacitan)
Tahu Tuna Pacitan. (Instagram/@Tahu.Tuna.Pacitan)

Penggemar camilan gorengan tahu tidak boleh melewatkan camilan yang satu ini. Isian gilingan ikan tuna yang halus menambah rasa enak dan bikin maknyus.

Biasa dijajakan di kaki lima atau restoran makanan khas Pacitan, anak-anak dan orang dewasa suka mengonsumsinya apalagi ditambah dengan gigitan cabai atau sambal cocol.

Punten

Punten Pacitan. (Instagram/@Pacitanfoodhunter)
Punten Pacitan. (Instagram/@Pacitanfoodhunter)

Sekilas sajiannya mirip dengan lontong pecel, namun punten merupakan camilan yang terbuat dari beras dan santan yang ditumbuk halus. Lalu disajikan dalam bentuk kotak-kotak, teksturnya mirip lontong.

Dimakan langsung juga enak, namun kebanyakan orang-orang memakannya dengan tambahan pecel ayam dan sayuran. Jangan lupakan kerupuk upil juga ya.

Sale Pisang Pacitan

(Suara.com/The.Lucky.Belly)
(Instagram/@Sonyamaretha)

Apa yang menarik dari Sale Pisang Pacitan yang tentu juga banyak ditemui di beberapa kota sebagai oleh-oleh? Bentuknya.

Ya jangan kira Sale Pisang Pacitan akan berbentuk potongan halus pisang yang memanjang lalu dikeringkan, karena sajian Sale Pisang Pacitan ini bentuknya seperti  anggur.

Pembuatannya pun bisa terbilang unik. Pertama, pisang diiris tipis lalu dijemur selama 3 hari. Setelah kering, pisang disterilkan sekitar 4 jam dalam oven hingga kering. Setelah itu, pisang akan dikemas atau dibentuk seperti anggur.

Itulah ragam makanan khas kampung halaman SBY yang wajib dicoba bila Anda mudik Lebaran di Pacitan. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS