Mulai Kurangi Bahan Kimia dengan Beberapa Rekomendasi Deodoran Alami Ini

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi
Mulai Kurangi Bahan Kimia dengan Beberapa Rekomendasi Deodoran Alami Ini
Ilustrasi ketiak. (Shutterstock)

Deodoran alami juga tak kalah ampuh untuk mengusir burket.

Suara.com - Memakai deodoran sudah menjadi hal wajib dipakai setelah mandi untuk banyak orang. Ternyata ada bahan alami yang bisa dipakai juga tanpa harus takut burket atau nggak wangi. Nah, ada beberapa tips memilih deodoran alami yang perlu kamu tahu, nih.

Keringat berlebih kadang akan mengeluarkan bau badan yang tidak enak. Salah satu solusinya adalah memakai deodoran. Fungsinya untuk menghambat keringat berlebih dan menghilangkan bau badan tak sedap.

Deodoran yang dijual di pasaran memang mengandung bahan-bahan kimia. Walaupun pada umumnya bahan kimia tersebut diklaim masih terbilang aman untuk kesehatan.

Namun, kandungan alumunium di dalam deodoran dapat terserap kulit ketiak. Ini akan membuat kelenjar keringat pada ketiak tersumbat. Selain itu, banyak kasus kulit ketiak menjadi hitam karena pemakaian deodoran.

Biasanya karena alasan kesehatan dan efek samping lainnya, banyak orang yang beralih ke deodoran alami. Deodoran alami tidak mengandung bahan kimia sehingga lebih aman untuk kesehatan.

Ilustrasi ketiak. (Pexels/Ferdinand Studio)
Ilustrasi ketiak. (Pexels/Ferdinand Studio)

Deodoran alami biasanya terbuat dari minyak kelapa alami, baking soda, potassium alum, atau tawas. Namun sayangnya, bahan produk deodoran alami tidak tahan lama. Sehingga kamu harus mengaplikasikannya beberapa kali jika cuaca sangat panas dan berkeringat di siang hari.

Tenang, jangan putus asa dulu untuk memakai deodoran alami. Kunci dari tips memilih deodoran alami adalah dengan mencari bahan-bahan utama dalam pembuatannya.

Ada beberapa bahan alami yang mampu menyerap keringat, antara lain baking soda, tepung jagung, atau tepung tapioka. Selain itu, juga harus ada anti-bakteri seperti EO Lavender, tea tree, atau lemongrass.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi ketiak. (Sumber: Shutterstock)

Untuk mendapatkan kulit halus di area ketika, dibutuhkan shea butter atau minyak kelapa. Dengan bahan-bahan tersebut, deodoran alami akan tahan lama dan dapat mencegah bau badan.

Tapi tetap saja kamu harus mengaplikasikannya beberapa kali, apalagi kalau sedang berkegiatan di luar ruangan. Sebab, deodoran alami tidak mengandung bahan kimia yang dapat membuat wangi sepanjang hari, apalagi menghambat keringat selama lebih dari 12 jam.

Itulah tips memilih deodoran alami. Semoga bermanfaat, ya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS