Ratu Jeans Gloria Vanderbilt Meninggal di Usia 95

Vika Widiastuti | Yasinta Rahmawati
Ratu Jeans Gloria Vanderbilt Meninggal di Usia 95
Gloria Vanderbilt. (Instagram/@nytimesfashion)

Gloria Vanderbilt dikenal juga sebagai seniman.

Suara.com - Gloria Vanderbilt, desainer sekaligus sosialita dan model meninggal pada Senin (17/06/2019) pagi. Dia berumur 95 tahun saat mengembuskan napas terakhir.

Melansir dari CNN, kabar duka tersebut disampaikan oleh anaknya, jurnalis CNN TV Anderson Cooper. Ibunya meninggal setelah berjuang melawan kanker perut. Sesuai keinginannya, Gloria Vanderbilt mengembuskan napas terakhir di rumah, dikelilingi keluarga dan kerabat dekat.

"Gloria Vanderbilt adalah seorang wanita luar biasa yang mencintai kehidupan dan menjalaninya dengan caranya sendiri. Dia adalah seorang pelukis, penulis, desainer, tapi juga seorang ibu, istri, dan teman yang luar biasa," ujarnya.

Berbagai media di Amerika Serikat menyebut Gloria Vanderbilt sebagai ratu jeans. Seperti dikutip dari Elle, pada tahun 70-an Gloria meluncurkan label denimnya yang dinamai "Eponymous".

Jeans tersebut dikenal luas karena tanda tangan desainernya yang tertulis di saku belakang. Bisa dibilang ia adalah pelopor jeans untuk wanita karena saat itu kebanyakan celana jeans berpotongan maskulin dan khusus untuk pria.

Gloria Vanderbilt. (Instagram/@nytimesfashion)
Gloria Vanderbilt. (Instagram/@nytimesfashion)

Di tangan Gloria Vanderbilt, jeans tampil lebih berkelas, meninggikan status jeans yang dulunya hanya celana kaum pekerja kasaran. Dari bisnis jeans tersebut, Gloria Vanderbilt dikabarkan berhasil meraup keuntungan hingga ratusan juta dolar.

Namun, bisnis yang sempat berkembang menjadi waralaba itu mengalami penurunan pada akhir 1980-an. Meski tidak setenar dulu, jeans Gloria Vanderbilt tetap eksis dan masih bisa ditemukan di beberapa situs belanja sperti Amazon.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS