Desainer Muda Ini Lawan Berita Hoax Lewat Koleksi Bertema Kebingungan

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Desainer Muda Ini Lawan Berita Hoax Lewat Koleksi Bertema Kebingungan
Hayuning Sumbadra hadirkan koleksi fashion bertema kebingungan melawan hoax. (Suara.com/Firsta Nodia)

Unik dan nyentrik, desainer muda luncurkan koleksi fashion bertema kebingungan.

Suara.com - Desainer Muda Ini Lawan Berita Hoax Lewat Koleksi Bertema Kebingungan

Di era media sosial seperti sekarang masyarakat semakin dibingungkan dengan batas antara kehidupan nyata dengan dunia maya. Itu sebabnya banyak orang sembarangan dalam berkomentar di media sosial atau menyebarkan informasi yang bersifat hoax.

Hayuning Sumbadra (22) setuju dengan hal ini. Bahkan desainer muda yang berkarya lewat label Adraworld ini terinspirasi untuk membuat rancangan busana untuk melawan berita hoax lewat koleksinya ke-9 bertema KFR.

"Jadi sebenarnya inspirasinya dari kota New York. Tapi memoriku nggak fit. Sehingga memori tentang New York empat tahun lalu menimbulkan kebingungan dan ternyata ini membuat aku memahami konsep false memory atau memori palsu," ujar Adra di sela-sela peluncuran koleksinya di Jakarta, Sabtu (18/5/2019).

Hayuning Sumbadra hadirkan koleksi fashion bertema kebingungan. (Suara.com/Firsta Nodia)
Hayuning Sumbadra hadirkan koleksi fesyen bertema kebingungan untuk melawan hoax. (Suara.com/Firsta Nodia)

Adra menambahkan, konsep memori palsu ini pula yang menurutnya sedang marak terjadi saat ini, karena serbuan berita hoax. Hal ini menimbulkan kebingungan mana informasi yang benar dan mana yang tidak.

"Konsep false memory aku wujudkan lewat beberapa look yang bikin bingung. Jadi ada yang dua warna, ada yang pakai detail kerah tapi kelipet dua jadi orang bakal mikir ini kerah bukan ya. Ada juga yang potongannya aku bikin bingung," cerita Adra.

Total ada 12 look yang ditampilkan Adra lewat koleksi KFR ini. Lebih lanjut Adra mengaku memang memiliki ketertarikan untuk merespon isu sosial lewat rancangan busananya. Selain tema yang unik, Adra juga menerapkan konsep sustanaible fashion dengan penggunaan ulang sisa-sisa kain di koleksi sebelumnya.

Hayuning Sumbadra hadirkan koleksi fashion bertema kebingungan. (Suara.com/Firsta Nodia)
Hayuning Sumbadra hadirkan koleksi fashion bertema kebingungan untuk melawan hoax. (Suara.com/Firsta Nodia)

"Mulai tahun lalu aku ubah direksinya ke sosial brand. Jadi koleksiku akan merespon isu sosial dan melakukannya untuk membuat industri fesyen lebih baik dengan mengaplikasikan sustanaible fashion. Aku nggak pernah buang kain. Sisa kain aku simpan dan koleksi ini recycle dari sisa kain yang pernah aku buat," urainya panjang lebar.

Koleksi teranyar Adraworld ini didominasi oleh warna monokrom, seperti hitam dan putih. Sementara untuk look-nya didominasi oleh outer. Dalam waktu dekat, pengagum karya Alexander McQueen ini pun berencana kolaborasi dengan penulis Maman Suherman dalam menuangkan bukunya yang bercerita tentang perdagangan perempuan melalui fesyen.

Kita tunggu saja karya unik Adra ini ya!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS