Agar Gaji Mencukupi Gaya Hidup di Ibu Kota, Merry Riana Bongkar Rahasianya

Silfa Humairah Utami
Agar Gaji Mencukupi Gaya Hidup di Ibu Kota, Merry Riana Bongkar Rahasianya
Ilustrasi mengelola gaji. (Freedigitalphoto)

Bagaimana agar gaji mencukupi gaya hidup di ibukota?

Suara.com - Agar Gaji Mencukupi Gaya Hidup di Ibu Kota, Merry Riana Bongkar Rahasianya

Gaya hidup di Jakarta tinggi. Biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk kebutuhan sandang, menjadi hal yang pokok. Seperti hangout, belanja pakaian hingga sepatu, dan masih banyak lagi.

Inilah yang menjadi latar belakang munculnya topik besaran gaji yang diperlukan agar mencukupi kebutuhan gaya hidup di ibu kota yang sempat trending di Twitter.

Sebenarnya tidak ada jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut. Karena bagi sebagian orang, untuk pribadi saja gaji dua digit per bulan masih terasa kurang. Sementara itu, ada yang bisa menabung dari gaji pas-pasan alias sesuai Upah Minimum Regional (UMR).

Jadi, apa solusinya supaya gaji terasa cukup untuk gaya hidup di Jakarta? Sebenarnya simpel, yakni berusaha lebih banyak menghasilkan uang atau lebih berusaha mengelola uang.

Dalam hal ini pun Merry Riana sebagai bintang tamu di channel youtube SuccessBefore 30 membagikan tips mencapai financial freedom untuk mengontrol gaya hidup sesuai pendapatan alias gaji.

1. Financial mess (Keuangan yang kacau)

Jika Anda memiliki kekacauan keuangan yakni pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Maka langkah pertama menyadari kemampuan pendapatan dan meminimalisir pengeluaran agar lebih kecil daripada pendapatan. 

2. Financial security (keamanan keuangan)

Membuat rencana pengeluaran dan mengawasi berjalannya pengeluaran sesuai rencana. Mulai dari fokus untuk kebutuhan bukan kesenangan. Dan memiliki uang simpanan untuk jaga-jaga 6 bulan ke depan, jadi jangan pernah beranggapan uang hari ini untuk hari ini dan besok cari lagi.

Tidak benar, simpanan untuk jaga-jaga bertahan hidup selama 6 bulan ke depan itu penting untuk mengelola kebebasan finansial.

3. Financial flexibility

Tahap ini adalah fase di mana Anda bisa flexible untuk menyimpan sedikit sebagian uang pendapatan untuk hiburan dan investasi.

4. Financial freedom (bekerja karena ingin berkarya)

Memfokuskan diri dengan kemampuan diri dan mengembangkan sesuatu di bidang yang Anda kuasai. Jadi, disiplin di tahap-tahap di atas sambil mencari kesempatan untuk mendapatkan pemasukan lebih. 

Jadi tepatnya, gaya hidup ditahan atau ditunda hingga mampu. Kini Anda tahu kan apa saja yang sebaiknya dilakukan agar gaji yang Anda punya bisa dikelola dengan baik, sehingga bisa mencukupi kebutuhan gaya hidup di ibu kota. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS