alexametrics

Kiat Terbaik Menyamarkan Dark Circle, Menurut Dermatologi

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Kiat Terbaik Menyamarkan Dark Circle, Menurut Dermatologi
Samarkan mata panda. (shutterstock)

Dark circle bisa diusahakan untuk sedikit lebih samar.

Suara.com - Lingkaran hitam di bawah mata atau dark circle sangatlah mengganggu penampilan. Walau tidak bisa sepenuhnya hilang, kita bisa membuatnya agak tersamarkan.

Meski di Google bertebaran banyak cara utuk merawat dark circle, rupanya mengatasinya sedikit lebih rumit. Melansir dari In Style, Dr. Ranella Hirsch, seorang dokter kulit yang berbasis di Boston membagikan kiat yang sudah terbukti untuk memperbaiki dark circle.

Sebelum berupaya menyamarkan dark circle, pertama-tama Ranella menekankan bahwa penyebab dark circle bukan semata kurang tidur. Ia mengatakan ada dua kontributor yang jauh lebih besar, yakni genetika dan warna kulit.

"Ini adalah area kulit yang sangat tipis. Secara khusus, pada orang-orang dengan jenis kulit yang lebih terang, area mata bawahnya bisa tampak kebiru-biruan karena kulit di atasnya sangat tipis sehingga Anda dapat melihat urat di bawahnya," ujar Ranella.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mata dengan 6 Langkah Mudah Berikut Ini

Ini diperburuk oleh orang-orang yang memiliki sedikit jaringan pendukung di bawahnya, yang bisa menutupi beberapa perubahan warna saat ada," tambahnya.

Kiat Terbaik Menyamarkan Dark Circle, Menurut Dermatologi - 1
Iustrasi (Shutterstock)

Ranella juga mengatakan jika kita lelah, maka hal itu dapat menyebabkan peningkatan kemacetan vena di bawah mata. Hal itu mengarah pada lebih banyak volume darah dan munculnya lingkaran yang lebih gelap.

"Orang dengan warna kulit yang lebih gelap mungkin menemukan hiperpigmentasi di sekitar area bawah mata dan kelopak mata," ujarnya lagi.

Untuk memperbaiki kondisi dark circle di rumah, Ranella mengatakan untuk mencoba retinoid topikal yang dijual di toko. Krim, lotion dan produk gel ini berasal dari vitamin A, yang bekerja untuk meningkatkan pergantian sel. Dampaknya, ia bisa mengurangi tampilan lingkaran hitam.

Ilustrasi mata panda. (Shutterstock)
Ilustrasi mata panda. (Shutterstock)

Bahan lain yang perlu dipertimbangkan adalah Hyaluronic Acid. Sebab bahan itu cenderung mengikat kelembapan dan membantu menutupi penampilan lingkaran hitam.

Baca Juga: Tak Hanya Wortel, 4 Makanan Ini Juga Baik untuk Kesehatan Mata

Ranella juga mengatakan bahwa produk mata antioksidan yang mengandung vitamin C bisa berkontribusi positif untuk menyamarkan dark circle.

Komentar