Pecinta Kucing, Yuk Merapat ke Komunitas Save Love Cat

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Pecinta Kucing, Yuk Merapat ke Komunitas Save Love Cat
Komunitas Save Love Cat. (Dok. Save Love Cat)

Komunitas Save Love Cat sangat peduli pada kucing-kucing jalanan.

Suara.com - Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit bagi banyak orang. Sayangnya, karena jumlah dan spesiesnya yang cukup banyak, kucing tak bertuan di Indonesia tak sedikit jumlahnya

Kerap hal ini membawa kekhawatiran bagi banyak pihak, karena hewan-hewan liar tersebut juga berisiko menularkan berbagai penyakit, salah satunya rabies. Bahkan, tak sedikit pula kucing liar yang memiliki kondisi mengenaskan.

Hal ini lantas menggerakkan hati para pecinta kucing, baik itu kucing jalanan dan kucing ras, agar bisa lebih peduli lagi dengan makhluk hidup tersebut. Hingga akhirnya membentuk komunitas yang mereka namakan Save Love Cat (SLC).

Komunitas Save Love Cat. (Suara.com/Dinda Rachmawati)
Komunitas Save Love Cat. (Dok. Save Love Cat)

Komunitas yang dibentuk sejak 11 Agustus 2018 dan baru diresmikan pada Oktober 2018 ini, kata pendirinya Flovia, memang berawal dari kepeduliannya akan kucing-kucing jalanan.

"Saya sangat peduli dengan kucing jalanan di manapun, dan akhirnya saya ketemu dengan teman saya, Irawan. Kami sama-sama mencintai kucing jalanan, ke manapun kami (pergi) selalu membawa makanan untuk kucing-kucing liar di jalan," ungkap dia pada Suara.com.

Berawal dari kebiasaan inilah, perempuan yang akrab disapa Fia ini akhirnya sepakat membentuk komunitas para pencinta kucing, agar bisa lebih banyak lagi kucing yang terawa dengan baik.

Di dalam komunitas, kata Fia, para anggota biasanya akan belajar dan diajarkan bagaimana merawat kucing dengan baik sesuai dengan jenisnya. Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan berkumpul bersama di kawasan Depok Jawa Barat.

Beberapa kucing yang diselamatkan Komunitas Save Love Cat. (Instagram/@savelovecatindonesia)
Beberapa kucing yang diselamatkan Komunitas Save Love Cat. (Instagram/@savelovecatindonesia)

"Selain sharing tentang kucing, kami juga kerap berkunjung ke shelter-shelter kucing di Depok, berbagi informasi mengenai kucing terlantar, saling memberikan donasi untuk perawatan kucing yang sakit, hingga informasi adopsi kucing-kucing jalanan juga," ujar dia.

Sampai saat ini, SLC sudah memiliki 100 orang anggota yang berada di Jabodetabek. Dengan adanya komunitas ini, dia berharap seluruh cat lovers di Indonesia bisa saling bersatu dan berbagi ilmu tentang bagaimana merawat kucing dengan baik.

Komunitas Save Love Cat. (Dok. Komunitas Save Love Cat)
Komunitas Save Love Cat. (Dok. Komunitas Save Love Cat)

"Saya juga ingin cat lovers seluruh Indonesia bisa peduli akan kondisi kucing liar atau kucing jalanan. Dimulai dari hal kecil, yakni memberi makanan saja," ungkapnya.

Mimpi besar SLC lainnya, kata Fia, SLC bisa memiliki kafe kucing suatu hari nanti, agar pengunjung bisa bermain dan belajar bersama berbagai jenis kucing. Mereka yang tidak bisa memelihara kucing di rumah, tetap bisa bermain di kafe kucing SLC.

Peduli dengan kucing? Yuk bergabung bersama SLC dan follow akun Instagram @savelovecatindonesia. Syaratnya, kamu harus memiliki kecintaan terhadap hewan lucu ini ya!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS