Komunitas Indonesia Trip, Lebih dari Sekadar Traveling Bareng

Ririn Indriani | Risna Halidi
Komunitas Indonesia Trip, Lebih dari Sekadar Traveling Bareng
Tak cuma traveling bareng, Komunitas Indonesia Trip juga punya banyak kegiatan lain yang menambah pengetahuan anggotanya. (Foto: Dok. KIT)

Tak cuma traveling bareng, di Komunitas Indonesia Trip, Anda bisa menyalurkan kreatifitas.

Suara.com - Komunitas Indonesia Trip atau KIT merupakan wadah berkumpul bagi anak bangsa yang mempunyai frekuensi yang sama dalam mengaktualisasikan di bidang pariwisata, seni, dan budaya melalui karya foto dan cerita.

KIT terbentuk pada 21 April 2018 oleh Aldi Prihardi (Jakarta), Yeffi Rahmawati (Jakarta), dan Tavip Budiono (Bali) setelah melakukan sharing di salah satu akun jejaring sosial, Facebook.

Siapapun bisa gabung di Komunitas Indonesia Trip
Siapapun bisa gabung di Komunitas Indonesia Trip

Sejak berdiri satu tahun lalu, sudah ada sekitar 4.500 member KIT yang tergabung di laman resmi komunitas tersebut.

Dalam perjalananya, KIT beberapa kali membuat acara seperti sharing dan diskusi karya grafis, foto dan melakukan perjalanan budaya.

Menurut Aldi, fun trip yang diadakan KIT biasanya kemas lebih edukatif dengan nuansa kearifan lokal wisata setempat.

Komunitas Indonesia Trip. (Foto: Dok. KIT)
Komunitas Indonesia Trip. (Foto: Dok. KIT)

Beberapa destinasi yang sudah di kunjungi KIT di antaranya Wisata Situ Cileunca (Pengalengan, Jawa Barat), Wisata Alam Mandalawangi (Cipanas, Jawa Barat), Wisata Budaya Suku Baduy (Lebak Banten, Jawa Barat), Wisata Desa Lebak Muncang (Ciwidey, Jawa Barat), Wisata Pantai Karang Taranje dan Tanjung layer (Sawarna, Jawa Barat), dan Wisata Alam Cileteuh Taman Bumi, (Sukabumi, Jawa Barat).

Pada 2019, Komunitas Indonesia Trip masih fokus untuk mengeksplor pariwisata, seni, dan budaya Jawa Barat, di antaranya destinasi Wisata Kampung Naga (Tasikmalaya), Kampung Ciptagelar (Sukabumi), Wisata Budaya Kesultanan (Cirebon dan Banten), Wisata Alam Ujung Kulon, hingga Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi.

Ragam kegiatan traveling menyenangkan di Komunitas Indonesia Trip. (Foto: Dok. KIT)
Ragam kegiatan traveling menyenangkan di Komunitas Indonesia Trip. (Foto: Dok. KIT)

"Melalui fun trip yang sudah berjalan saya berharap kegiatan tersebut dapat mendorong rekan-rekan KIT di daerah untuk dapat mengadakan fun trip dengan mengeksplor daerah wisatanya masing-masing secara bersama-sama dan memamerkan hasil dokumentasi fun trip-nya di akun Komunitas Indonesia Trip (KIT) serta Komunitas Indonesia Trip dapat terus bersinergi dengan banyak kalangan untuk menghasilkan sebuah energi kreativitas yang lebih baik," ungkap Evi panjang lebar.

Untuk urusan keanggotaan, KIT bersifat terbuka untuk umum. "Artinya siapapun dapat menjadi anggota dalam akun grup Komunitas Indonesia Trip untuk berkontribusi dalam sharing karya-karya foto, video, dan cerita narasi perjalanan tripnya di jejaring sosial Facebook dan setiap saat juga dapat keluar jadi tidak mengikat," tutupnya mengakhiri perbincangan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS