Masuk Harvard, Mikha Tambayong Berbagi 5 Manfaat Gemar Membaca

Silfa Humairah Utami
Masuk Harvard, Mikha Tambayong Berbagi 5 Manfaat Gemar Membaca
Mikha Tambayong berbagi manfaat gemar membaca. (Suara.com/Silfa Humairah)

Apa manfaat gemar membaca yang dirasakan Mikha Tambayong?

Suara.com - Masuk Harvard, Mikha Tambayong Berbagi 5 Manfaat Gemar Membaca.

Mikha Tambayong diterima di Harvard University, kabar gembira yang tentu ia dapatkan bukan tanpa usaha dan kerja keras.

Dalam hal ini, menurutnya tidak ada yang instan karena berhasil diterima di universitas bergengsi dunia tersebut bisa ia dapatkan karena dari kecil ia sudah punya mimpi dan mengejarnya.

Ya, mungkin tidak banyak yang tahu bagaimana Mikha Tambayong sangat mencintai buku, ia membaca buku setiap hari. Seperti ketergantungan, ia tak mau lepas dari membaca buku, di sela-sela kegiatan apapun. 

Jadi masih tanya kenapa Mikha bisa pintar?

Dalam talkshow Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju dalam rangka peringati Hari Anak, Mikha Tambayong sebagai narasumber berbagi manfaat membaca yang ia dapatkan.

Mikha Tambayong menuturkan gemar membacanya yang membawanya bisa perpengetahuan luas dan terus ingin tahu dan belajar hingga lulus Harvard. Berikut manfaat membaca yang ia bagikan pada peserta:

1. Mendapat Informasi

Menurutnya pengetahuan yang dibaca akan menjadi informasi baru, dan suatu saat hal-hal itu akan berguna. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin baik Anda menghadapi tantangan yang datang.

2. Memperbanyak kosakata

Semakin banyak membaca, semakin banyak kata yang didapatkan. Ini membantu Anda berbicara dan mengekspresikan banyak hal dengan baik, sehingga sangat membantu dalam profesi apa pun. Selain itu, menyadari bahwa dapat berbicara dengan orang lain dengan rasa percaya diri bisa menjadi dorongan besar untuk kehidupan Anda.

"Mereka yang membaca dengan baik, akan berbicara dengan baik, dan memiliki pengetahuan luas tentang berbagai topik lho," katanya.

3. Memperbaiki memori

"Saat membaca buku, saya mengingat berbagai karakter, latar belakang, ambisi, maupun sejarah untuk memahami cerita. Memang ini terdengar sulit untuk diingat, tapi otak ketika diasah dengan membaca maka dengan menakjubkannya bisa mengingat hal-hal ini dengan relatif mudah."

4. Berpikir analitis

Keterampilan berpikir analitis sepertimemecahkan misteri, teka-teki dapat membuat Anda baik dalam menganalisis sesuatu.

Membaca jelas dapat melatih kita memahami rangkaian peristiwa, runutan dan jalannya cerita, sehingga otak kita menjadi lebih mampu memproyeksikan kesimpulan dari informasi yang tersedia.

5. Mengurangi stres

Membaca membuat rileks, terutama membaca hal-hal yang menggembirakan dan inspiratif. Jadi pilih bacaan yang menyenangkan saat banyak pikiran juga bisa membantu untuk mengurangi stres. 

"Jadi sejak kecil saya udah dikenali dengan buku-buku, dibacakan banyak buku, melihat kegiatan membaca yang selalu dilakukan oleh orang tua. Jadi penting menunjukkan gemar membaca kalau ingin anak juga suka membaca, karena itu yang dilakukan orang tua saya hingga saya sangat merasakan manfaatnya sekarang," katanya. 

Jadi mau coba tips biar pintar seperti Mikha Tambayong, yuk stimulasi anak sejak dini gemar membaca. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS