Latih Stimulasi Anak dengan Dongeng, Yuk, Mom!

Vania Rossa | Risna Halidi
Latih Stimulasi Anak dengan Dongeng, Yuk, Mom!
Ilustrasi ibu mendongeng. (Shutterstock)

Mendongeng memberi banyak manfaat untuk si kecil.

Suara.com - Salah satu bentuk stimulasi yang dapat dilakukan orangtua adalah dengan memperkenalkan dongeng sejak dini kepada anak.

Menurut psikolog klinis, dra. Ratih Ibrahim, M.M., mendongeng dapat mengembangkan daya imajinasi anak dan sebagai ekpresi emosinya.

"Mendongeng adalah sebuah proses stimulasi yang menyenangkan bagi si kecil, dan bermanfaat untuk mengembangkan daya imajinasi, kemampuan bahasa dan ekspresi emosi secara lebih baik," kata Ratih dalam acara peluncuran seri 'Dongeng Aku Dan Kau untuk Anak Unggul Indonesia' di Jakarta beberapa waktu lalu.

Untuk urusan memilih buku bacaan bagi anak, Ratih mengimbau orangtua untuk selalu membaca peruntukkan usia yang biasa ditulis pada buku.

Buku untuk anak usia 0 sampai 2 tahun biasanya lebih banyak diisi oleh gambar-gambar berukuran besar, hanya berisi sedikit tulisan. "Buku biasanya bercerita lewat gambar dengan sedikit kata seperti suara hewan."

Untuk usia tiga tahun, kata akan lebjh banyak namun huruf masih dibuat besar-besar.

Buku untuk batita juga biasanya ada yang berisi warna-warna terang dan ada bagian mengenai pengenalan tekstur. "Itu stimulasi kognitif dan pancaindera. Usia lima tahun tulisan lebih banyak lagi," katanya lagi.

Jadi, jangan lupa bacakan dongeng buat si kecil setiap sebelum tidur, ya, Mom.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS