Festival Cisadane Pemerintah Kota Tangerang Masuk Kelender Kemenpar

Dythia Novianty
Festival Cisadane Pemerintah Kota Tangerang Masuk Kelender Kemenpar
Festival Cisadane. [Suara.com/Muhammad Iqbal]

Festival Cisadane yang digelar Pemerintah Kota Tangerang masuk Kalender 100 Event Of Indonesian Wonderful Kemenpar.

Suara.com - Festival Cisadane yang digelar Pemerintah Kota Tangerang masuk Kalender 100 Event Of Indonesian Wonderful Kemenpar. Esthy Reko Astuty Tenaga Ahli Menteri Bidang Management COE mengatakan, acara tahunan yang digelar Pemkot Tangerang ini baru masuk dalam nominasi 100 event Indonesia wonderful.

"Tadi saya sudah sampaikan bahwa event ini baru masuk pertama di kalender event of wonderful. Jadi ada 100 dan ada yang 10. Kalau yang 10 itu yang nasional," ungkap dia pada wartawan usai membuka acara Jumat (26/7/2019).

Sebelumnya, kata dia, acara dari festival Cisadane ini diajukan oleh Provinsi Banten sebagai agenda nasional. Menurut dia, untuk masuk dalam kalender 100 ajang Wonderful Of Indonesian ini tidaklah gampang.

"Nah, event Cisadane masuk di yang 100. Setelah diusulkan oleh Provinsi Banten dan dinyatakan punya nilai budaya dan value. Yaitu, bagaimana kaitannya dengan komersil, komunikasi," ucapnya.

Selain itu dalam event ini juga, kata dia, harus banyak mendapat sorotan wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Seperti yang disampaikan tadi saat ini ada 60.000 orang yang singgah ke acara ini," ujarnya.

Bukan hanya tenang wisatawan, Astuty mengatakan, acara ini juga harus berdampak bagi kesejahteraan masyarakat dan pelestarian budaya.

"Terus juga bagaimana tradisi di festival ini sudah dilaksanakan dan dapat mendongkrak ekonomi masyarkat. Dan saat event ini berlangsung, kita (Kemenpar) berikan dukungan dengan apa yang dibutuhkan festival ini," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, festival tahunan ini digelar secara rutin. Namun, baru kali ini Disbudpar menyiapkan armada perahu lebih banyak dalam menyusuri aliran Cisadane.

"Jadi kegiatan ini kita bikin sore. Melibatkan kurang lebih 100 perahu. Selain itu, nanti banyak hiburan maupun stand yang menampilkan hasil dari buah tangan masyarakat Kota Tangerang," ucap dia ditempat yang sama.

Menurut Arief, Pemkot Tangerang mengadakan festival ini bukan hanya untuk melestarikan budaya saja. Namun, dengan adanya festival ini diharapkan masyarakat bisa saling mengenal.

Festival Cisadane. [Suara.com/Muhammad Iqbal]
Festival Cisadane. [Suara.com/Muhammad Iqbal]

"Kegiatan festival Cisadane kali ini dapat membangun suasana kebersamaan menjaga dan melestarikan Cisadane. Dan budaya masyarakat kota Tangerang," ucapnya.

Dia menambahkan, dengan adanya festival ini dirinya berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Kota Tangerang khususnya UMKM.

"Kita berharap semua ini bisa menambah perekonomian masyarakat terutama teman teman UMKM," tandasnya.

Pantauan Suara.com dalam festival ini terdapat stand dari seluruh SKPD maupun UMKM. Selain itu, masyarakat juga dihibur dengan berbagai macam hiburan seperti Band, Penak Silat, maupun Pertandingan Tinju.

Kontributor : Muhammad Iqbal

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS