Jelajah Alam Bebas Lihat Hewan Liar ala Afrika, Ini 3 Kegiatan Serunya

Silfa Humairah Utami
Jelajah Alam Bebas Lihat Hewan Liar ala Afrika, Ini 3 Kegiatan Serunya
Wisatawan tampak memotret gajah dari jarak dekat di kawasan hutan Barumun. (Suara.com/Silfa Humairah)

Apa aja kegiatan seru yang bisa dilakukan di alam liar Hutan Konservasi Barumun yang mirip Afrika ini?

Suara.com - Jelajah Alam Bebas Lihat Hewan Liar ala Afrika, Ini 3 Kegiatan Serunya.

Melihat binatang di alam bebas bukan hanya milik kawasan alam hutan Afrika. Ada lahan hutan Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Barumun, Padang Lawas, di Sumatera Utara, yang juga memiliki memiliki konsep wisata yang serupa.

Apa aja yang bisa Anda lakukan di lahan hutan luas untuk wisata eksklusif bagi wisatawan dan turis yang lakukan konservasi ini:

1. Melihat Gajah di Alam Bebas

Melihat sekumpulan gajah di alam bebas. (Suara.com/Silfa Humairah)
Melihat sekumpulan gajah di alam bebas. (Suara.com/Silfa Humairah)

Binatang yang berada di alam bebas ini ada area khusus gajah dan harimau Sumatra. Di padang savana tepatnya di tengah parit buatan, pengunjung dari perbukitan dengan leluasan melihat gajah yang sedang bermain.

Di sini gajah dan harimau diberikan penanganan khusus dengan pengawasan 24 jam untuk keamanan turis atau wisatawan yang datang.

Pasalnya, jauh dari kota, turis atau wisatawan mengunjungi Hutan KPHK Barumun harus didampingi. Lahan pengawas atau petugas menawarkan kegiatan melihat gajah dari dekat, memberi makan, hingga berfoto. Namun, harus dengan dampingan petugas, karena luas lahan ini sendiri kurang lebih 36.261 hektare.

Jadi untuk keselamatan saat berada di tengah hutan, yang cukup banyak hewan liar, pengunjung yang berkeliling dengan mobil tanpa atap tersebut selalu didampingi dan ditunjukkan lokasi mengagumkan di area lahan KPHK tersebut.

Kehidupan gajah di KPHK Barumun terbilang cukup bebas dan terawat. Selain tersedia makanan berupa tebu yang ditanam sekian hektare khusus untuk makanan gajah, ada alam bebas yang juga dipenuhi pepohonan asri dan danau buatan yang cukup aman untuk gajah.

2. Melihat Keindahan Danau Tasih

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS