HUT RI Ke-74, Dominique Diyose dan Pegiat Lingkungan Serukan Ini

Ririn Indriani
HUT RI Ke-74, Dominique Diyose dan Pegiat Lingkungan Serukan Ini
Dominique Diyose (tengah) dan perempuan pegiat lingkungan hadir di acara talkshow bertema 'Sustainability' di Pacific Place, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2019). (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Bertepatan dengan HUT RI Ke-74, ada lima poin yang dikemukakan Dominique Diyose dan pegiat lingkungan untuk merawat bumi.

Suara.com - HUT RI Ke-74, Dominique Diyose dan Pegiat Lingkungan Serukan Ini

Sustainability atau menjaga keseimbangan ekologi untuk tidak mengeksploitasi sumberdaya alam dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memanfaatkan barang sehari-hari secara terus menerus dan tidak memakai barang sekali pakai.

Upaya tersebut memang tidak mudah, terlebih jika sudah jadi kebiasaan selama bertahun-tahun.

Lalu bagaimana caranya? Dalam sebuah diskusi bertema sustainability di Pacific Place, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2019) yang menghadirkan empat perempuan yang konsen di bidang lingkungan, mengungkapkan cara yang cukup mudah untuk Anda demi menyelamatkan bumi.

Berikut lima cara mudah untuk menjaga keseimbangan ekologi (sustainability).

1. Gunakan apa yang ada
Misalnya sudah punya satu sedotan stainless, maka maksimalkan sebisa mungkin, jangan lantas menggampangkan saat sedotan hilang lalu beli lagi atau ingin punya lebih banyak.

"Sekecil apapun yang kita pakai akan berdampak lingkungan, sadar nggak tisu dibuat dari apa, itu masalah yang diatasi, apa yang bisa di-start yang bisa gunakan, palstik dikurangi, baju bisa dikurangi," ujar Annisa Fauziah, Development Manager TRI Upcycle Store

Ilustrasi tas daur ulang. (Pixabay)
Ilustrasi tas daur ulang ramah lingkungan demi menjaga keseimbangan ekologi (sustainability). (Pixabay)

2. Sadar dan cari tahu
Safina Maulida perwakilan Fashion Revolution Indonesia selalu percaya, apa yang digembar-gemborkan dan dilakukan pecinta lingkungan tidak akan terasa langsung saat ini, tapi beberapa puluh tahun kemudian, naik rusaknya ataupun membaiknya lingkungan.

"Banyak yang enggak tahu siapa yang buat baju kita, polusi saat ini bukan disebabkan pabrik yang berdiri hari ini, tapi apa yang terjadi beberapa tahun lalu," ungkap Safina.

3. Jangan pernah menyerah
Jangan pernah merasa kebaikkan saat ini sia-sia, karena saat berbuat baik seperti memungut sampah, tapi oleh pengelola sampah tetap tidak kelola dengan baik atau parahnya dibuang ke laut, maka teruslah melakukan kebaikan.

"Tetap kita pilah setiap hari. Gimana caranya nggak gampang nyerah, strong your self dengan lingkungan positif," tutur Amanda Zahra Marsono Public Relation and Marketing Manager, Zero Waste.

Sejumlah murid membuat kertas daur ulang di SD Tarakanita 5, Jakarta, Sabtu (12/1). [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga]
Sejumlah murid membuat kertas daur ulang di SD Tarakanita 5, Jakarta, Sabtu (12/1). [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga]

4. Follow tokoh dan komunitas inspirator
Jika tidak ingin terus menerus belanja, maka cobalah untuk mengikuti akun online shop dan ganti menjadi akun-akun pecinta lingkungan seperti Uprecycle, Zero Waste, dan tidak ada salahnya juga mengikuti komunitas serupa agar semakin termotivasi.

"Semuanya harus kita perlahan semuanya udah ada niat, jangan nyerah, gabung positif people, slowly, my natural being conscious consumer itu tidak semudah," sambung Amanda

5. Jadikan sebagai eco break
Model sekaligus conscious consumer Dominique Diyose tidak mempermasalahkan saat kepepet dan terpaksa membeli air kemasan.

Jika sudah terlanjur usahakan jangan dibuang dan manfaatkan jadi sesuatu yang bermanfaat seperti menjadikan tempat duduk, pot bunga, atau bahkan tempat menyimpan barang.

"Dengan ini kita pelan-pelan banyak cara kurangi sampah. Aku punya satu bacaan kalau satu dua tetes air sudah cukup buat kamu tidak haus lagi, kamu nggak butuh ambil air lebih banyak lagi siapa tau malah kamu tenggelam," tutup Dominique Diyose.

Itulah lima cara mudah yang dapat Anda lakukan demi menjaga keseimbangan ekologi demi menyelamatkan bumi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS