Ingin Belanja Lebih Hemat, Ini 3 Tips untuk Emak-emak Zaman Now

M. Reza Sulaiman | Vessy Dwirika Frizona
Ingin Belanja Lebih Hemat, Ini 3 Tips untuk Emak-emak Zaman Now
Ilustrasi belanja kebutuhan rumah tangga. (shutterstock)

Emak-emak zaman now harus pintar-pintar berbelanja. Ini tips yang bisa dicoba.

Suara.com - Ingin Belanja Lebih Hemat, Ini 3 Tips untuk Emak-emak Zaman Now

Emak-emak zaman now harus pintar-pintar berbelanja agar bisa menghemat pengeluaran rumah tangga. Tidak cukup hanya dengan membuat catatan anggaran saja, ada lho, tips yang bisa dipraktikkan agar belanja lebih hemat.

Dalam acara GoPay dan Alfamart Luncurkan Komunitas GOSIP, Ibu Bisa Lebih Mudah Belanja dan Menghemat Pengeluaran, Rabu (20/8/2019), berikut 3 solusi mudah belanja dan menghemat pengeluaran rumah tangga.

Gabung ke komunitas

Terinspirasi dari semangat ibu-ibu masa kini untuk tetap eksis dan menambah ilmu serta pengalaman dengan bergabung di berbagai komunitas, Gosip (GoPay Sahabat Ibu Pintar) menjadi komunitas yang memudahkan ibu-ibu masa kini berbelanja kebutuhan sehari-hari sehingga dapat mengatur keuangan keluarga dengan bijak. Sejak soft launching pada Juni lalu, sudah ada 5.000 ibu yang mendaftar menjadi anggota komunitas ini.

Di dalam komunitas tersebut, ibu-ibu berkesempatan mengikuti sharing session bersama berbagai narasumber, mulai dari financial expert, pendiri komunitas lain untuk bisa eksis dan produktif namun tetap cermat dalam mengatur keuangan.

Ilustrasi belanja hemat. (Shutterstock)
Ilustrasi belanja hemat. (Shutterstock)

Sementara itu, di komunitas lain, seperti Arisan Mapan, Risyanti Dewi selaku ketua mengatakan bergabung dengan komunitas ibu-ibu rumah tangga, sangat suportif. Selain bisa mendapatkan teman baru, juga bisa mendatangkan penghasilan tambahan.

Pakai aplikasi pembayaran

Studi lembaga riset YouGov merilis data mengenai Metode Pembayaran di Indonesia dimana 80 persen masyarakat Indonesia memilih GoPay dibandingkan uang elektronik lainnya. Pilihan masyarakat menggunakan layanan ini juga diperkuat oleh hasil riset Indonesian Digital Mums 2018 oleh Tickled Media tentang tren perilaku online, ibu digital masa kini turut menikmati pertumbuhan dompet digital. Sekitar 44% dari ibu digital Indonesia saat ini memiliki setidaknya satu akun e-money atau dompet digital dengan GoPay mendominasi sebesar 75 persen, terutama untuk transportasi 38 persen dan belanja 32 persen.

Ardelia Apti, Head of Offline Payments GoPay mengatakan, aplikasi ini memiliki misi mempermudah hidup masyarakat dengan memanfaatkan kemudahan teknologi digital. Dengan aplikasi pembayaran , berbelanja semakin mudah, pembayaran juga bisa dilakukan langsung melalui smartphone. Pemantauan arus keluar masuk kas pribadi dan keluarga juga lebih mudah karena semua pengeluaran tercatat di fitur Diary. Ditambah lagi, adanya penawaran voucher berbelanja yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran bulanan.

Gosip (Gopay Sahabat Ibu Pintar) kerja sama Alfamart dan Gopay. (Suara.com/Vessy Frizona)
Gosip (Gopay Sahabat Ibu Pintar) kerja sama Alfamart dan Gopay. (Suara.com/Vessy Frizona)

Pilih tempat belanja yang banyak promo

Deny Retnawati, Customer Relationship Manager PT Sumber Alfaria Trijaya mengatakan, anggota Komunitas Gosip bisa mendapatkan penawaran khusus dan menghemat biaya pengeluaran dibandingkan dengan pembelanjaan regular.

"Sering kita jumpai, ibu-ibu Indonesia masa kini memiliki peran besar sebagai pengambil keputusan finansial di rumah. Jadi, penting buat ibu-ibu untuk bisa mendapatkan informasi penawaran terbaik di pasaran dan ini pastinya akan membantu ibu-ibu merencanakan pengeluaran rumah tangga dengan lebih matang," ucapnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS