Ramaikan HUT Kabupaten Dharmasraya, Festival Pamalayu Digelar 5 Bulan

Silfa Humairah Utami | Fakhri Fuadi Muflih
Ramaikan HUT Kabupaten Dharmasraya, Festival Pamalayu Digelar 5 Bulan
Bupati Dharmasraya pada peluncuran Festival Pamalayu dan Seminar di Museum Nasional. (Suara.com/Fakhri Fuadi)

Apa saja rangkaian acara HUT Kabupaten Dharmasraya di Festival Pamalaya?

Suara.com - Ramaikan HUT Kabupaten Dharmasraya, Festival Pamalayu Digelar 5 Bulan.

Memperingati ulang tahun ke 16, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menggelar acara bernama Festival Pamalayu. Gelaran yang beragendakan berbagai acara ini rencanya akan berlangsung selama 5 bulan.

Nama festival itu diambil dari Ekspedisi Pamalayu, ketika utusan Kerajaan Singosari datang ke Dharmasraya membawa Amoghapasa sebagai lambang persahabatan. Saat ini Amogaphasa tersimpan di Museum Nasional, Jakarta Pusat dengan nomor inventaris D.198-6469.

Rangkaian acara dimulai hari ini, Kamis (22/8/2019) dengan agenda Peluncuran Festival Pamalayu dan Seminar di Museum Nasional. Puncak acara akan berlangsung selama tujuh hari di Kabupaten Dharmasraya yang dimulai pada 1 sampai 7 Januari 2020.

Pada tujuh hari itu, digelar acara seperti Karnaval Arung Pamalayu, Jalan Sehat, Pawai Hari Jadi Dharmasraya, Pameran Artefak Kuno dan Pesta Rakyat di daerah berjuluk Ranah Cati nan Tigo itu.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menganggap Festival Pamalayu sebagai momenrum untuk membagikan nilai sejarah Dharmasraya kepada generasi baru. Dengan cara ini, ia berharap anak muda akan tumbuh dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Masa mendatang semoga benih tumbuh menjadi pohon, pohon subur berbunga bunga menjadi putih, putih menjadi buah, buah untuk kita bersama," ujar Sutan dalam sambutannya di Museum Nasional, Kamis (22/8/2019).

Puncak acara festival kebudayaan dan pesta rakyat akan digelar di tiga Candi di kawasan Dharmasraya. Di antaranya adalah Candi Padang Roco, Pulau Sawah, dan Awam Mubiyek.

Pada acara itu, ia mengharapkan partisipasi dari masyarakat luas dan pemangku kebijakan di pemerintah untuk hadir. Ia akan menunjukan masa kejayaan Dharmasraya pada masa lalu.

"Kami akan menggelar pesta rakyat dan festival kebudayaan memperlihatkan jati diri Dharmasraya yang begitu hebat pada masa lalunya," jelasnya.

Selain puncak acara selama tujuh hari, digelar juga acara lainnya seperti Workshop Heritage dan Trip Jurnalis pada 26-28 Oktober 2019. Para Jurnalis akan diperkenalkan budaya Dharmasraya beserta sejarah dan potensinya.

Diadakan juga lomba menulis untuk para jurnalis yang bertemakan sejarah Dharmasraya. Lomba dimulai sejak pertengahan Agustus hingga Desember 2019.

Untuk masyarakat umum, digelar juga lomba foto dan video blog atau vlog. Tema lombanya adalah mengenai peninggalan sejarah di Dharmasraya. Keseluruhan lomba memiliki total hadiah hingga puluhan juta rupiah. Meriahnya HUT Kabupaten Dharmasraya, yuk ramaikan di Festival Pamalayu merayakannya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS