Bikin Pede Anjlok, Ini Penyebab dan 3 Cara Mengatasi Bibir Hitam

Vania Rossa
Bikin Pede Anjlok, Ini Penyebab dan 3 Cara Mengatasi Bibir Hitam
Ilustrasi bibir hitam, bibir berwarna gelap. (Shutterstock)

Dianggap mengganggu penampilan, banyak perempuan merasa risih dengan bibir yang berwarna gelap alias bibir hitam.

Suara.com - Punya bibir hitam memang jadi masalah untuk banyak perempuan. Bahkan, bisa sampai merusak kepercayaan diri.

Padahal, seperti halnya warna kulit, warna bibir dapat bervariasi antar setiap orang. Meski begitu, tetap saja banyak orang, terutama perempuan, mendambakan punya bibir berwarna merah muda, karena dianggap lebih sehat dan cantik.

Selain faktor genetik, warna bibir yang gelap juga bisa disebabkan oleh beberapa hal. Coba cek, mana yang menjadi pemicu warna bibir kamu jadi gelap, seperti dilansir dari Medical News Today.

1. Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari memicu tubuh memproduksi hormon melanin yang memicu hiperpigmentasi. Itu sebabnya, jangan hanya kulit wajah yang diberi pelembap ber-SPF, kulit bibir juga perlu dilindungi dengan lipbalm yang dilengkapi SPF tinggi.

2. Merokok
Nikotin dan benzpyrene dalam asap rokok dapat mendorong produksi melanin di kulit. Ini dapat menyebabkan kulit bibir menjadi gelap seiring dengan waktu.

3. Kehamilan
Beberapa permpuan akan mengalami perubahan kondisi kulit selama kehamilan yang disebabkan oleh perubahan kadar hormon di dalam tubuh.

Beberapa area tubuh, termasuk bibir, puting payudara, dahi, pipi, dan leher bisa lebih gelap dari biasanya. Namun, kondisi ini tak berlangsung permanen, dan akan kembali normal setelah kehamilan selesai.

4. Pengobatan dan kondisi medis tertentu
Beberapa jenis obat dapat menyebabkan hiperpigmentasi, misalnya obat antimalaria dan minocycline yang merupakan antibiotik oral. Tapi, ini hanyalah efek sementara, karena warna kulit akan kembali ke warna aslinya setelah pengobatan selesai.

Selain pengobatan, kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Salah satu yang paling terkenal adalah penyakit Addison, yaitu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga menghentikan kelenjar adrenalin memproduksi hormon esensial yang cukup. Kondisi ini dapat menyebabkan penggelapan warna kulit, bibir hitam, atau gusi menghitam.

Lalu, apa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir hitam? Kabar baiknya, solusi bibir hitam bisa kamu buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemui. Dan tak hanya mencerahkan, beberapa ramuan rumahan ini juga dapat membantu menjaga bibir tetap sehat dan lembap. Ini dia:

1. Scrub madu
Scrub madu dapat membantu mengangkat sel kulit mati di bibir. Kamu dapat membuat scrub madu dengan cara berikut:

  • Campurkan 1 sdt madu dan 1 sdt gula pasir.
  • Gosok campuran madu dan gula dengan lembut ke bibir dengan gerakan melingkar.
  • Bilas menggunakan air hangat.

Lakukan pengelupasan cukup sekali seminggu, ya. Jika dilakukan terlalu sering, justru akan menyebabkan iritasi karena sifat kulit bibir yang tipis dan lembut.

2. Minyak almond
Memijat bibir dengan minyak almond dapat membantu melembabkan dan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar bibir. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada pemberian rona merah di bibir. Minyak almond juga memberi efek melembutkan pada kulit bibir. Efeknya biasanya akan terlihat dalam satu atau dua hari.

3. Potongan lemon
Lemon telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit. Lemon dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati berkat kandungan asam sitratnya. Iris lemon dan tempelkan di bibir tidak lebih dari satu menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Itu dia 3 cara mengatasi bibir hitam dengan cara alami. Yuk, coba akhir pekan ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS