HappyTrip, Senyaman Ikuti Kelas Yoga dan Trekking Jumpa Orangutan

RR Ukirsari Manggalani
HappyTrip, Senyaman Ikuti Kelas Yoga dan Trekking Jumpa Orangutan
Yoga di tepian Sungai Bohorok di kompleks Ecolodge PPLH Bukit Lawang [Suara.com/ukirsari].

Berwisata ke hutan hujan Sumatera Utara butuh preparasi lengkap. Mulai packing, jaga kebugaran dengan yoga, dan asuransi.

Suara.com - "Be mindful, paling tidak lakukan dua menit dalam sehari. Hasilnya akan bagus sekali untuk memotivasi segala hal yang akan kita lakukan, karena bersifat positif," demikian kata Coach Irwansyah dalam kelas yoga di ruang semi terbuka berarsitektur serba bambu, di kompleks Ecolodge Bukit Lawang Cottage, Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Bohorok, Provinsi Sumatera Utara.

Pagi itu, Suara.com bersama para peserta yoga undangan Asuransi Astra telah menyelesaikan sesi yoga dengan gerakan peregangan serta penguatan otot, terutama bagian kaki mulai betis sampai paha, dalam rangka persiapan trekking ke koridor Taman Nasional (TN) Gunung Leuser.

Beberapa gerakan atau asana telah kami ikuti, antara lain tadasana (mountain pose), adho mukha svanasana (downward-facing dog), trikonasana (triangle), utkatasana (chair pose) yang membuat seorang peserta berseru karena bagian otot kakinya tertarik, bhujangasana (cobra), sampai balasana (child's pose) yang disambut hangat karena artinya ada kesempatan untuk bersantai sejenak dengan menelungkupkan tubuh.

Kemudian sesi relaksasi diberikan, berupa hening memejamkan mata serta memusatkan pikiran untuk memotivasi yang disebut sebagai "mindful" oleh Coach Irwansyah.

"Perhatikan dan sekeliling kita. Mulai desir angin, bunyi aliran sungai, sampai suara alam yang tertangkap," ajaknya. "Lantas bayangkan ketenangan. Setelah hal yang sudah lalu, dan tujuan akan datang. Bawa diri kita masing-masing, ke usia di saat kondisi badan paling energetik dan bugar. Bayangkan trek yang akan dilalui nanti akan terasa ringan dan langkah mantap, sampai kembali pulang ke rumah."

Valentino, orangutan sumatera (Pongo abelii) yang ganteng dan sangat fotogenik, di Taman Nasional Gunung Leuser [Suara.com/ukirsari].
Valentino, orangutan sumatera (Pongo abelii) yang ganteng dan sangat fotogenik, di Taman Nasional Gunung Leuser [Suara.com/ukirsari].

Sampai sini, suasana semakin hening. Rata-rata, para rekan seperjalanan--setelah kami membuka percakapan kembali usai kelas yoga--membayangkan diri selagi berusia 20 tahunan. Segar bergegas dan bisa melangkahkan kaki tanpa bobot tubuh yang berat.

Usai santap pagi dengan menu berkalori cukup tinggi namun mudah dicerna, seperti roti gandum dan scramble egg ditambah buah potong serta juice segar, dalam artian dibuat  langsung, trek sekitar 5 km pulang pergi telah menanti. Pemandunya adalah Bustaman, atau Pak Taman, lelaki Pujakesuma (akronim dari Putra Jawa Kelahiran Sumatera) yang telah 20 tahun berkarya di Taman Nasional Gunung Leuser.

Laman berikut adalah berbagai pertemuan dengan satwa dan pepohonan khas di koridor dan area taman nasional ini, serta kemudahan travelling.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS