Rahasia Manajemen Waktu BJ Habibie Agar Sukses yang Jarang Diketahui

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Rahasia Manajemen Waktu BJ Habibie Agar Sukses yang Jarang Diketahui
Presiden Indonesia BJ Habibie (kiri) dan istrinya Ainun Hasri memperlihatkan surat suara mereka 07 Juni 1999 di Jakarta. [Foto/AFP]

Kunci keberhasilan Habibie ternyata terletak pada manajemen waktunya. Bagaimana mendiang menghabiskan waktu selama hidup?

Suara.com - Berpulangnya Presiden Ketiga RI BJ Habibie, Rabu (11/9/2019) menyisakan duka mendalam bagi bangsa Indonesia. 

BJ Habibie dikenal sebagai sosok yang sangat menginspirasi, baik dalam pemikiran, kisah hidup hingga percintaannya dengan istri tercintanya, Hasri Ainun Basri.

Kisah-kisahnya, yang tertuang dalam buku 'Rudy: Kisah Muda Sang Visioner' oleh Gina S. Noer banyak disukai pembaca.

Salah satu hal yang dapat dipetik dari kehidupan bapak teknologi Indonesia ini adalah soal manajemen waktu yang selalu diterapkan Habibie.

Analis Departemen Ekonomi Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI), Dr Prayudhi Azwar MEc, pernah mengunggah cara Habibie mengatur waktu yang dikutip dari buku biografi di atas di Facebook.

"Saya membutuhkan waktu untuk tidur 5 jam, 2 jam untuk shalat, 1,5 jam baca Yasin dan tahlil, 2 jam berenang dan mandi, 3 jam makan, dan 3 jam untuk menerima tamu," kata Habibie yang tertulis dalam biografinya.

Sisa 7,5 dari waktunya, Habibie gunakan untuk membaca atau menulis.

1. Salat

Tidak hanya memberikan ketenangan batin, gerakan salat seperti sujud ternyata membantu darah segar mengalir dari jantung ke otak, dibantu dengan adanya gravitasi.

2. Yasin dan tahlil

Berdasarkan keterangan Dr Prayudhi, kedua aktivitas ini menjadi latihan untuk memperkuat jaringan otak sekaligus berfungsi jadi obat anti pikun bagi Habibie.

Unggahan Prayudhi Azwar tentang manajemen waktu Habibie semasa hidup (Facebook/Prayudhi Azwar)
Unggahan Prayudhi Azwar tentang manajemen waktu Habibie semasa hidup (Facebook/Prayudhi Azwar)

3. Berenang dan mandi

Berenang membuat stamina, endurance, serta menghasilkan energi agar Habibie dapat tetap beraktivitas di jadwal yang padat.

4. Makan

Habibie mengonsumsi makanan yang sehat untuk mencukupi energi hariannya. Mendiang juga melakukan puasa sunnah Senin-Kamis yang membuatnya tetap sehat hingga usia 83 tahun ini.

5. Terima tamu

Mengisi kebutuhan emosi dari hubungan antar manusia yang sehat, yang saling menyenangkan dan tentunya memberi inspirasi bagi sahabat-sahabat Habibie.

6. Membaca dan menulis

Kualitas sekaligus produktivitas Habibie menggunakan 7,5 jam di waktu menulis dan membaca ini sangat tinggi. Ini menjadi sumber ilham atas gagasan-gagasan beliau yang selalu brilian.

7. Tidur

Tingginya amal dan aktivitas produktif serta damainya suasana kejiwaan Habibie yang dicirikan oleh kuatnya spiritualitas menyebabkan tidur yang hanya 5 jam berlangsung sangat nyenyak dan memberikan kesegaran untuk beraktivitas di keesokan harinya.

Jadi, apakah Anda ingin mencoba menerapkan kebiasaan baik ini?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS