alexametrics

Pore Pack Justru Bisa Memperbanyak Komedo, Simak Penjelasannya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Pore Pack Justru Bisa Memperbanyak Komedo, Simak Penjelasannya
Ilustrasi mengatasi komedo dengan pore pack. (Shutterstock)

Padahal pore pack sering jadi andalan untuk mengangkat komedo.

Suara.com - Banyak orang yang mengandalkan pore pack untuk mengatasi komedo membandel. Namun, tahukah Anda jika benda tersebut malah berpotensi membuat komedo semakin banyak di kemudian hari?

Pore pack terbuat dari bahan adhesive sehingga punya kemampuan melepaskan lapisan teratas kulit, kotoran, serta rambut halus. Walau praktis, penggunaannya tidak disarankan terlalu sering.

Alih-alih membersihkan komedo hingga tuntas, pore pack justru bisa membuat kulit iritasi, terlebih bagi pemilik kulit sensitif.

Melansir Hellosehat, pada beberapa kasus, pore pack juga bisa saja membuat komedo di area hidung menjadi semakin banyak. Kondisi itu umumnya terjadi akibat bahan lengket pada pore pack yang mestinya mencabut komedo tidak terangkat sempurna.

Baca Juga: Andalan Membasmi Komedo, Hati-Hati Pore Pack Bisa Bikin Kulit Iritasi

Lem yang tertinggal kemudian menutup pori-pori kulit serta menyebabkan penyumbatan. Padahal seperti yang diketahui, komedo muncul akibat tersumbatnya pori-pori oleh kotoran, termasuk sisa bahan lengket dari pore pack.

Ilustrasi lakukan perawatan hilangkan komedo di wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi lakukan perawatan hilangkan komedo di wajah. (Shutterstock)

Nah, ada cara untuk mencegah bertambahnya komedo akibat penggunaan pore pack. Anda cukup membersihkan area hidung dengan air setelah pemakaian. Gosok permukaan kulit dengan lembut agar sisa bahan yang menempel terangkat.

Meski begitu, sebenarnya masih ada kemungkinan lem pore pack tetap menempel dan tidak terangkat. Mengingat risiko tersebut, ada baiknya Anda menggunakan cara lain untuk membersihkan komedo.

Ada beberapa bahan yang lebih efektif membersihkan dan mengangkat komedo hitam membandel, antara lain yang mengandung benzoil peroksida, retinol, dan asam azelaic.

Ilustrasi cuci muka (shutterstock)
Ilustrasi cuci muka (shutterstock)

Anda juga bisa melakukan peeling wajah menggunakan AHA dan BHA. Sejumlah bahan aktif ini bekerja jauh lebih baik dan efektif dibanding jika memakai pore pack untuk mengatasi komedo.

Baca Juga: Ini Perbedaan Komedo Hitam dan Komedo Putih, Sudah Tahu?

Komentar