Mau Jadi Pengusaha, Ini 3 Platform yang Paling Populer untuk Jualan Online

Vania Rossa
Mau Jadi Pengusaha, Ini 3 Platform yang Paling Populer untuk Jualan Online
Ilustrasi jual beli online/ belanja online/ jualan online. (Shutterstock)

Kehadiran e-commerce dan platform komunikasi yang semakin canggih membuat banyak orang ingin banting setir menjadi pengusaha dengan jualan online.

Suara.com - Kehadiran teknologi tampaknya telah membuka banyak kesempatan yang tadinya tak terlihat oleh kita. Salah satunya kesempatan untuk berwirausaha. Hal ini didukung oleh tumbuhnya e-commerce dan platform komunikasi yang semakin lengkap dan canggih.

Bayangkan saja, hanya dengan berbekal smartphone, jutaan orang-orang kreatif di Indonesia saat ini berhasil merintis usahanya sendiri, salah satunya sebagai penjual online/pemilih toko online. Dan yang paling menakjubkan, kebanyakan mereka adalah pedagang kecil yang tak memiliki modal besar.

Dalam Buy and Send Insight, laporan mengenai perilaku penjual online di dalam industri e-commerce dan persepsi mereka terhadap industri logistik yang dikeluarkan oleh Paxel, didapat data bahwa 83% responden yang terdiri dari 535 responden ini mengaku bahwa mereka berjualan via internet tanpa memiliki toko fisik untuk berjualan. Survei yang dilakukan selama Januari sampai Juni 2019 ini menunjukkan bahwa sebanyak 14% responden yang kini berjualan secara eksklusif via toko online, mengaku pernah memiliki toko fisik namun sudah menutupnya. Hanya 17% responden yang menyatakan masih mempertahankan toko fisik yang dimilikinya.

Kenapa toko fisik nampaknya sudah tak relevan lagi untuk berjualan? Paxel sebagai startup logistik berbasis teknologi pertama asal Indonesia yang mampu menghadirkan layanan same day delivery antarkota antarprovinsi dengan ongkos kirim flat, menemukan bahwa mayoritas responden (66%) yang memiliki toko fisik mengaku pendapatan dari berjualan online sudah melebihi pendapatan dari toko fisik. Sementara 67% responden yang pernah punya toko fisik, mengaku beralih ke online secara eksklusif karena hasilnya jauh lebih menguntungkan.

Baca Juga: Jualan Online Susah Laku? Coba 5 Trik Jitu Ini

Kemudahan yang dimiliki oleh bentuk jual-beli e-commerce telah memangkas keterbatasan jangkauan geografis antara penjual dan pembeli yang sebelumnya dimiliki proses jual-beli di toko fisik. Maka dari itu, dari sisi penjual, tumbuh kebutuhan untuk layanan yang dapat membantu mereka menjangkau pembeli potensial secara lebih luas lagi.

Nah, ternyata aplikasi media sosial seperti Whatsapp dan Instagram ditemukan lebih populer dibandingkan situs e-commerce/marketplace yang didesain untuk berjualan.

Hasil survei menunjukkan bahwa sebanyak 84% penjual memilih Whatsapp sebagai platform untuk berjualan dan 81% memilih Instagram, yang keduanya bukan merupakan platform e-commerce. Baru di posisi ketiga, sebanyak 53% penjual memilih Shopee, situs e-commerce, sebagai platform untuk berjualan.

Hampir seluruh responden (87%) menggunakan lebih dari satu platform, umumnya mengkombinasikan media sosial dan situs e-commerce. Tapi, bagi para beginner seller atau penjual baru, media sosial tampaknya menjadi pilihan utama bagi mereka untuk mulai berjualan. Hal ini didukung temuan yang menyebut sebanyak 44% dari responden yang berjualan secara eksklusif di media sosial adalah beginner seller.

Alasan media sosial menjadi pfavorit para beginner seller adalah karena penjual dapat secara langsung berinteraksi dengan pembeli, memasarkan produk secara langsung dan proaktif, serta cenderung lebih mudah untuk digunakan, terutama bila dibandingkan dengan situs e-commerce.

Baca Juga: Jualan Online, Ini 5 Tips Posting Konten Agar Barang Cepat Laku


Penggunaan media sosial sebagai salah satu platform berjualan(baik pemasaran ataupun transaksi), memperkuat pandangan bahwa dalam jual-beli e-commerce penjual memerlukan layanan jasa yang memudahkan upaya untuk memperluas jaringan dan menjangkau pembeli secara proaktif.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS