Jadi Merah Kecokelatan, Ini Penyebab Sinar Matahari Bisa Ubah Warna Rambut

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jadi Merah Kecokelatan, Ini Penyebab Sinar Matahari Bisa Ubah Warna Rambut
Perempuan dan sinar matahari. (Shutterstock)

Mengapa warna rambut bisa memerah setelah kena matahari?

Suara.com - Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan mungkin menyadari warna rambut sudah tidak sepekat dulu. Dulunya hitam legam, mengapa jadi merah kecokelatan seperti warna tembaga?

Melansir Hellosehat, rambut terbuat dari protein khusus yang disebut keratin dan tumbuh di folikel yang tertanam di dalam kulit kepala.

Dalam folikel, sel rambut yang masih hidup akan terus membelah untuk membentuk batang rambut. Sementara itu, folikel juga memproduksi melanin untuk menciptakan warna batang rambut. Semakin banyak melanin yang diproduksi, warna rambut juga akan semakin hitam legam.

Batang rambut bakal terus tumbuh mencuat hingga keluar kulit kepala dan memanjang. Proses pewarnaan dan pertumbuhan rambut dibantu oleh aliran darah segar dari jantung yang membawa oksigen dan nutrisi menuju folikel.

Nah, paparan sinar matahari dapat menghancurkan sel melanin di dalam batang rambut. Radiasi ultraviolet sinar matahari akan "membakar" melanin yang tadinya membawa pigmen warna hitam menjadi coklat kemerahan seperti warna karat. Proses ini disebut oksidasi. 

Cuaca panas bisa merusak kulit wajah bila tak dilindungi dengan tabir surya. (Shutterstock)
Paparan matahari bisa menyebabkan rambut berubah warna. (Shutterstock)

Sederhananya, warna rambut berubah merah karena batang rambut "gosong" setelah kena matahari sehingga kandungan melanin di dalamnya jadi sangat sedikit.

Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar rambut tidak rusak karena sinar matahari. Dermatolog dari Cleveland Clinic dr. Wilma Bergfeld menyarankan untuk sering merawat rambut dengan kondisioner setelah keramas guna mencegah rambut semakin rusak.

Carilah kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut dan masalahnya. Bagi yang suka beraktivitas di bawah sinar matahari, Dr. Bergfeld merekomendasikan pakai kondisioner dengan  formula volumizing agar rambut tidak cepat lepek dan berminyak.

Ilustrasi payung [shutterstock]
Ilustrasi payung [shutterstock]

Anda juga disarankan sebisa mungkin keluar rumah pagi-pagi sekali atau bahkan sore menjelang Maghrib saat sinar matahari sudah redup agar warna rambut tidak mudah berubah. Namun jika memang harus keluar di siang hari, pakai topi atau payung untuk melindungi rambut.

Sang dermatolog menambahkan, sekarang memang belum ada tabir surya atau sunscreen khusus rambut. Meski begitu, Anda bisa menggunakan spray heat protectant untuk melindungi rambut dari cuaca panas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS