Selain Malioboro, Ini 5 Surga Belanja di Yogyakarta

Fabiola Febrinastri
Selain Malioboro, Ini 5 Surga Belanja di Yogyakarta
Ilustrasi wisata ke Malioboro, Yogyakarta. (Dok : Istimewa)

Pusat perbelanjaan modern di Yogyakarta berkembang memenuhi kebutuhan lifestyle wisatawan.

Suara.com - Tidak hanya memiliki keindahan alam dan budayanya saja, Yogyakarta memiliki potensi wisata belanja yang tidak kalah dengan kota besar lainnya. Banyak wisatawan traveling ke Yogyakarta untuk berburu barang-barang berkualitas dengan harga murah.

Lihat saja Pasar Tradisional Malioboro, tidak pernah sepi pengunjung. Ikon Kota Yogyakarta ini merupakan salah satu surga belanja yang terkenal di antara wisatawan. Di sini wisatawan yang datang berbaur dengan masyarakat dalam aktivitas jual beli selama hampir seharian penuh.

Tidak hanya pasar tradisional, terdapat beberapa mal di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Memiliki ciri khas tersendiri, pusat perbelanjaan modern di Yogyakarta berkembang memenuhi kebutuhan lifestyle wisatawan dan masyarakat setempat.

Berburu barang-barang berkualitas dan unik di Yogyakarta? Berikut lima destinasi surga belanja selain Pasar Malioboro di Yogyakarta.

1. Pasar Beringharjo
Di salah satu ujung Jalan Malioboro, terdapat Pasar Beringharjo yang juga merupakan surga wisata belanja di Yogyakarta. Pasar Beringharjo merupakan salah satu pusat ekonomi Kota Yogyakarta yang telah berdiri sejak 1758.

Di Pasar Beringharjo, wisatawan dapat menemukan berbagai macam batik. Dari varian batik, bahan, cara pembuatan, hingga motif-motif dari berbagai daerah. Ya, Pasar Beringharjo terkenal dengan batik-batinya yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Tidak hanya batik, di sini juga terdapat barang-barang vintage dan gadget. Untuk mengisi perut jangan lupa mencicipi kuliner khas Yogyakarta di sini seperti sate kere atau jajanan pasar.

2. Jogja City Mall
Salah satu mal rekomendasi untuk dikunjungi di Yogyakarta adalah Jogja City Mall. Terletak di Jl. Magelang, Jogja City Mall memiliki arsitektur bangunan unik yang membedakan dengan mal lainnya di Yogyakarta.

Saat melihat Jogja City Mall, wisatawan akan merasakan suasana kerajaan Romawi. Pilar-pilar tegak berdiri menjulang menghiasi mal. Bangunan Jogja City Mall memang dirancang seperti Romawi Kuno.

Namun uniknya, setelah memasuki mal, wisatawan akan disuguhkan interior modern yang berpadu dengan budaya Jawa Kraton. Berbelanja pun menjadi semakin seru di Jogja City Mall.

3. Pasar Seni Gabusan
Yogyakarta memiliki nilai budaya dan seni yang kental. Pasar Seni Gabusan merupakan destinasi wajib bagi para wisatawan yang mencari barang-barang seni di Yogyakarta. Di Pasar Seni Gabusan terdapat sekitar 400 pengrajin yang sudah dikelompokkan berdasarkan jenis produknya.

Barang-barang yang dijual di atas tanah seluas empat hektar ini yaitu batik kayu, guci, keris, kerjainan logam, hingga terakota. Terakota merupakan seni keramik terbuat dari tanah liat yang proses pembuatannya dibakar.

4. Hartono Lifestyle Mall
Mal lain yang bisa dikunjungi saat traveling ke Yogyakarta yaitu Hartono Lifestyle Mall. Hartono Lifestyle Mall merupakan salah satu mal besar di Yogyakarta.
Terletak di Jl. Raya Ring Road Utara, Hartono Lifetstyle Mall memiliki lebih dari 300 tenant. Produk-produk dengan brand ternama di dunia menjadi daya tari mal ini. Namun, tidak hanya brand ternama, brand lokal juga melengkapi Hartono Lifestyle Mall.

5. Pasar Tumpah Jalan Olahraga
Nah, jika masih berada di Yogyakarta pada hari Minggu, tidak ada salahnya mengunjungi Pasar Tumpah Jalan Olahraga.

Pasar Tumpah Jalan Olahraga terletak di kawasan Lembah UGM, sesuai namanya tepat di Jalan Olahraga- Jalan Notonagoro, Bulaksumur, Yogyakarta. Barang-barang yang digelar disini dari kebutuhan sehari-hari seperti sepatu, pakaian, aksesoris hingga pernak-pernik dengan harga sangat murah.

Saat ini banyak moda transportasi ke Yogyakarta untuk berbelanja, salah satunya bus. Bus senantiasa menjadi alat transportasi favorit ke Yogyakarta. Selain hemat, pemandangan alam sepanjang perjalanan menjadi daya tarik tersendiri.

Dari Semarang misalnya, kita bisa menikmati pemandangan desa dan alam sepanjang perjalanan dari dalam bus. Tiket travel Semarang Yogyakarta juga kini semakin mudah dipesan melalui Traveloka. Berwisata belanja di Yogyakarta jadi semakin nyaman dan tidak perlu repot lagi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS