Nekat, Lelaki Ini Pakai Baju Pilot Hindari Pemeriksaan di Bandara

Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Nekat, Lelaki Ini Pakai Baju Pilot Hindari Pemeriksaan di Bandara
Ilustrasi pilot pesawat. (Pixabay/Stock Snap)

Begini aksinya hingga sempat berhasil lewati pemeriksaan di bandara

Suara.com - Nekat, Lelaki Ini Pakai Baju Pilot Hindari Pemeriksaan di Bandara

Tahukah kamu bila pilot pesawat dapat melewati pemeriksaan keamanan bandara bahkan pada penerbangan yang dilakukan oleh maskapai lain? Ya, alasan itu yang kemudian membuat seorang pengusaha India memutuskan untuk membeli seragam pilot sendiri sehingga ia bisa naik ke pesawat lebih cepat.

Dia adalah Rajan Mahbubani, seorang pemilik agen konsultasi berusia 48 tahun asal New Delhi, India.

Rajan ditangkap di Bandara Internasional Indira Gandhi setelah menyamar menjadi seorang pilot maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa. Saat itu Rajan akan naik dalam penerbangan Air Asia dari New Delhi ke Kolkata.

 Indira Gandhi menyamar menjadi seorang pilot maskapai. (Dok NaijaGists.com)
Indira Gandhi menyamar menjadi seorang pilot maskapai. (Dok NaijaGists.com)

Nahas, penyamaran Rajan terbongkar setelah seorang petugas bandara menelepon kantor Lufthansa. "AirAsia India dari Bandara Delhi menelepon kantor Lufthansa untuk mengonfirmasi perjalanan orang yang mengenakan seragam maskapai Jerman dan memiliki kartu identitas. Lufthansa segera mengirim timnya untuk menghubungi orang tersebut di gerbang keberangkatan 52 di dalam area keamanan T3, Bandara Delhi. Ketika berhadapan dengan pejabat Lufthansa, orang ini mengaku sedang menyemar," kata sumber Air Asia.

Rupanya, Rajan Mahbubani sering terbang menggunakan seragam pilot untuk menyamar agar dapat melewati pemeriksaan keamanan dengan mudah. Selain itu, seragam pilot juga memberinya tunjangan lain seperti mendapat perlakuan istimewa di dalam pesawat, kemungkinan untuk meningkatkan kelas tempat duduk secara cuma-cuma, dan bahkan foto-foto di kokpit pesawat.

"Rajan Mahbubani mengatakan bahwa dia sering bepergian dan berpakaian sebagai pilot untuk mendapatkan akses mudah selama proses keamanan dan mendapatkan perlakuan istimewa dari agen keamanan dan maskapai penerbangan," kata Wakil Komisaris Polisi Sanjay Bhatia.

Saat ditangkap, Rajan mengaku mendapatkan seragam pilot Lufthansa dan kartu identitas palsu di Bangkok. Ia juga gemar merekam video YouTube dan TikTok tentang dirinya mengenakan berbagai seragam. Selama penyelidikan, petugas menemukan beberapa foto Rajan Mahbubani saat berpakaian sebagai seorang kolonel tentara, serta mengenakan seragam lainnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS