Hari Guru Nasional, Ini 13 Fakta Tentang Menjadi Seorang Guru

Silfa Humairah Utami | Dinda Rachmawati
Hari Guru Nasional, Ini 13 Fakta Tentang Menjadi Seorang Guru
Sejumlah murid sekolah dasar memberikan bunga pada gurunya saat memperingati hari guru Nasional, di Sekolah Al Azhar, Padang, Sumatera Barat, Senin (26/11). ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Ini yang kamu harus tahu fakta soal menjadi guru?

Suara.com - Hari Guru Nasional, Ini 13 Fakta Tentang Menjadi Seorang Guru

Senin (25/11/2019) pagi, tagar #selamathariguru dan #harigurunasional menjadi trending di media sosial Twitter Indonesia. Peringatan ini memang merupakan hal yang spesial setiap tahunnya, karena pada momen inilah, kita bisa menunjukkan penghargaan dan ucapan terimakasih terhadap setiap guru yang sudah mengajarkan kita banyak hal hingga saat ini.

Nah, terkait Hari Guru Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 November, suara.com akan membagikan beberapa fakta menarik tentang menjadi seorang guru, yang mungkin belum kamu ketahui.

Meski pernyataan berikut mungkin berbeda untuk satu guru ke guru lainnya, namun, mayoritas guru akan merasakan hal di bawah ini terhadap profesinya saat ini. Berikut daftar menariknya, yang dilansir Thoughtco.

1. Guru adalah orang yang paling bersemangat untuk membuat perbedaan. Guru tidak menjadi guru karena mereka cukup pintar untuk melakukan hal lain. Sebaliknya, mereka menjadi guru karena mereka ingin membuat perbedaan dalam kehidupan setiap anak didik mereka.

2. Guru tidak hanya bekerja dari pukul 7 pagi hingga pukul 3 sore. Sebagian besar dari mereka akan datang lebih awal, lembur, membawa pulang kertas untuk ujian dan mengabiskan masa liburan sekolah untuk mempersiapkan tahun ajarab berikutnya.

3. Guru adalah kreatif dan orisinal. Tidak ada guru yang melakukan hal yang persis sama. Bahkan ketika mereka menggunakan ide-ide guru lain, mereka akan melakukan dengan cara mereka sendiri. Mereka juga menikmati kolaborasi, memiliki ide dan praktik terbaik satu sama lain, dan saling mendukung.

4. Guru juga manusia biasa. Mereka memiliki kehidupan di luar sekolah. Mereka juga mengalami hari-hari yang mengerikan dan hari-hari yang baik. Mereka juga pernah membuat kesalahan.

5. Guru juga akan menghormati orang tua yang menghargai pendidikan dan percaya juga saling mendukung dengan apa yang dilakukan guru. Sebaliknya mereka akan merasa jengkel dengan orang tua yang tidak mengerti bahwa pendidikan akan berhasil jika ada kerjasama yang terjalin antara orang tua dan guru.

6. Guru adalah orang yang mengendalikan kontrol. Mereka membencinya ketika segalanya tidak berjalan sesuai rencana. Namun ia juga memahami bahwa masing-masing siswa dan kelas individu berbeda, sehingga menyesuaikan pelajaran untuk memenuhi kebutuhan individu tersebut.

7. Guru tidak menjadi guru karena mencari gaji yang besar. Bahkan mereka tahu bahwa mereka biasanya dibayar rendah untuk apa yang mereka lakukan.

8. Guru ingin melihat mantan siswa menjadi warga negara yang produktif dan sukses di kemudian hari. Karena itu mereka akan merasa bahagia dan bangga ketika mereka bertemu dengan mantan siswa yang memberi tahu mereka, betapa siswa tersebut menghargai apa yang dilakukan para guru untuk kesuksesan mereka saat ini.

9. Guru benar-benar menginginkan yang terbaik untuk semua siswa mereka: Mereka tidak pernah ingin melihat seorang anak gagal.

10. Guru memahami bahwa setiap siswa menghadapi situasi yang berbeda, terkadang cukup menantang, baik di rumah dan sering kali mereka pergi keluar sekolah untuk membantu siswa mereka mengatasi situasi tersebut.

11. Guru merasa seperti tidak pernah ada cukup waktu dalam sehari. Selalu ada lebih banyak yang mereka rasa perlu mereka lakukan.

12. Guru ingin selalu menjaga jalur komunikasi terbuka antara mereka dan orang tua siswa mereka sepanjang tahun.

13. Guru sering menjadi kambing hitam atas kegagalan siswa ketika pada kenyataannya itu adalah kombinasi dari faktor-faktor yang berada di luar kendali guru yang menyebabkan kegagalan.

Sangat berjasa, sudahkah kamu mengucapkan terima kasih di Hari Guru untuk guru-gurumu. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS