Mengenal Iqra Ismail, Wanita Berhijab yang Dirikan Klub Bola Khusus

Yasinta Rahmawati | Rima Suliastini
Mengenal Iqra Ismail, Wanita Berhijab yang Dirikan Klub Bola Khusus
Iqra Ismail. (Instagram/@iqraaismail)

Berhijab tidak menghalanginya untuk menekuni sepakbola.

Suara.com - Seorang pemain bola wanita berhijab asal Inggris berhasil membuat gebrakan karena berani mendirikan klub bola khusus yang dinamakan NUR Women's Football Club.

Awalnya, wanita bernama Iqra Ismail ini mengaku sering ditolak klub bola karena berhijab.

Melansir Telegraph, wanita muslim berdarah Somalia ini bercerita tentang pengalaman pertamanya masuk dalam sebuah klub bola. Pelatihnya memberikan ia satu setel celana dan pakaian lengan pendek.

Iqra kemudian berkata ia tak bisa menggunakan pakaian tersebut karena ia muslim. Dengan cepat pelatihnya meminta maaf, karena belum pernah menerima pemain bola muslim sebelumnya.

"Ketika itu, aku langsung merasa, ini sedikit bereda," ujarnya.

Iqra Ismail. (Instagram/@iqraaismail)
Iqra Ismail. (Instagram/@iqraaismail)

Iqra juga menceritakan tentang bagaimana lingkungannya penasaran dengan kesehariannya sebagai seorang muslim. Beberapa pertanyaan sering ia dengar seperti "Apakah kamu tidak kepanasan karena berhijab?".

Iqra sendiri bisa menjelaskan dengan baik tentang ajaran agamanya sehingga masalah lingkungan bisa ia atasi, tapi tidak begitu dengan beberapa aturan di klub bola.

Iqra pernah ditolak 4 kali berturut-turut oleh klub bola. Bahkan, ketika ia diterima di sebuah klub besar di Amerika, ibunya melarang Iqra pergi karena alasan keselamatan.

Iqra Ismail. (Instagram/@iqraaismail)
Iqra Ismail. (Instagram/@iqraaismail)

"Kejadian itu sungguh menghancurkan saya di usia muda. Sepakbola wanita belum terlalu banyak di sini dan di Amerika adalah tempat yang tepat ketika kamu ingin berkarier," kata Iqra.

Kini akhirnya Iqra menggebrak dunia sepak bola dengan mendirikan NUR Women's Football Club. Di mana NUR adalah singkatan dari 'Never Underestimate Resilience'.

Klub bola ini ia dirikan untuk menampung wanita kulit hitam dan kaum minoritas yang ingin mengasah bakatnya di dunia sepak bola. Kini klub bola asuhannya sudah berkembang dan memiliki beberapa cabang di kota berbeda, seperti Cardiff, Leicester, Birmingham dan Liverpool.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS