Teman Hobi Minta Diskonan di Bisnis Anda, Ini Kiat Menghadapinya

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Teman Hobi Minta Diskonan di Bisnis Anda, Ini Kiat Menghadapinya
Temen minta diskon dari bisnis Anda. (Shutterstock)

Pernah mengalami teman minta diskonan di bisnis Anda? Bagaimana cara menghadapinya ya?

Suara.com - Teman Hobi Minta Diskonan di Bisnis Anda, Ini Kiat Menghadapinya

Menjamurnya e-commerce memang membuat siapa saja bisa membuka peluang usaha dan berjualan.

Sayangnya tali pertemanan, persahabatan, atau bahkan persaudaraan bisa menganggu bisnis. Alhasil, profesionalisme bisnis jadi terabaikan. Contohnya, karena merasa dekat dan dengan percaya diri mereka minta diskon atau bahkan parahnya meminta secara cuma-cuma.

Lalu bagaimana mengatasinya? Chief Marketing Officer Ninja Xpress, Andi Djoewarsa mengingatkan untuk pintar mengakalinya. Misalnya dengan memberikan barang yang memang sudah sepatutnya di diskon, atau barang yang sulit terjual.

"Jadi harus bisa maininnya, misalnya ada produk lama, belum muter, produk ini yang dikasih diskon, artinya kita tetap harus berteman ke semua, tapi untuk kita bisa beda," ujar Andi dalam acara LOKALisme by Ninja Express beberapa waktu lalu di kawasan M Bloc, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Tapi jangan melulu terlena dengan memberikan diskon, dengan begitu kita tidak bisa memberikan pelajaran ke konsumen tentang arti penting sebuah kualitas, atau cerita dibalik produk itu dibuat.

"Karena kalau ikut dengan yang lain akhirnya cuma main harga," tuturnya.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, berbagi tips memulai bisnis. (Suara.com/Dini Afrianti)
Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, berbagi tips memulai bisnis. (Suara.com/Dini Afrianti)

Andi juga mengingatkan untuk pintar mencari relasi bisnis yang punya visi misi yang sama. Sama-sama untuk maju dan berkembang, tidak saling menjatuhkan, karena dengan teman yang punya idealisme sama maka mereka mengerti bagaimana lelahnya membangun sebuah usaha.

"Berteman yang cukup banyak dengan mereka-mereka yang punya visi misi yang sama, jangan ninggalin idealisme. Karena begitu punya teman yang minta diskon, itu akan sangat mengganggu, buat mereka permodalan itu cash flow terganggu, artinya kreasi mereka nggak bagus," jelasnya.

"Jadi untuk gunakan momen ini, cari temen visi misi yang sama dan terus jalankan idealisme yang mereka punya," sambungnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS