Jangan Asal Pakai Sepatu, Begini Memilihnya Berdasarkan Kebutuhan Kaki

Silfa Humairah Utami | Dinda Rachmawati
Jangan Asal Pakai Sepatu, Begini Memilihnya Berdasarkan Kebutuhan Kaki
Ilustrasi pakai sepatu yang nyaman. (Sumber: Shuuterstock)

Begini Memilih sepatu sesuai kebutuhan kaki

Suara.com - Jangan Asal Pakai Sepatu, Begini Memilihnya Berdasarkan Kebutuhan Kaki 

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan "Berilah perempuan sepatu yang tepat, maka dia bisa menaklukkan dunia,". Hal ini menandakan jika sepatu yang ideal sangat penting bagi setiap kaum Hawa.

Tidak masalah apapun pilihan mereka, mulai dari sepatu kets, flat, heels, wedges ataupun stiletto, jika mereka nyaman dengan alasa kaki yang mereka kenakan, maka ini bisa membuat Anda merasa luar biasa dan tambah percaya diri.

Tapi sebaliknya, sepatu yang tidak tepat bisa merusak segalanya, mulai dari kenyamanan, urusan mode, penampilan, dan gaya Anda. Nah, agar Anda bisa memlih sepatuyang tepat sesuai kebutuhan kaki Anda dan tren saat ini, berikut ada beberapa tips dari Fashion Image Consultant, Laura Malpeli de Jordaan, seperti yang dilansir Brightside.

1. Bentuk kaki saat memilih heels

Ilustrasi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

"Ada korelasi antara heels dan bentuk kaki. Jika seorang perempuan dengan kaki besar mengenakan rok dan memadukannya dengan sepatu heels yang tipis, ini akan membuat kaki mereka terlihat lebih besar," kata Laura.

Sebaliknya, pilihlah sepatu yang memiliki heels sedang hingga tebal, jika Anda memiliki betis besar atau pergelangan kaki besar. Berikut panduannya:

- Kaki kecil dan lebar

Sepatu terbaik untuk kaki kecil adalah sepatu dengan detail di pergelangan kaki, seperti sepatu ankle boots. Anda juga dapat mencari sepatu yang diikat tepat di pergelangan kaki, yang akan membuat kaki tampak lebih lebar secara visual. Loafers juga dapat membantu membuat betis Anda terlihat lebih besar. Sedangkan untuk kaki lebar, alas kaki yang menekankan pergelangan kaki harus dihindari.

- Kaki pendek dan panjang

Mengenai kaki pendek, tidak disarankan untuk memakai sepatu dengan kaki tertutup karena hanya membuat tubuh Anda terlihat tidak proporsional. Alas kaki yang menekankan pergelangan kaki juga biasanya secara drastis 'memotong' kaki Anda, jadi lebih baik untuk menghindarinya. Sedangkan untuk perempuan dengan kaki panjang, semua jenis sepatu akan cocok untuk Anda.

2. Acara yang dihadiri

Kebiasaan mengenakan high heels termasuk yang perlu direvisi. (Shutterstock)
Kebiasaan mengenakan high heels termasuk yang perlu direvisi. (Shutterstock)

Memilih sepatu yang tepat sesuai dengan acara yang akan dihadiri juga bisa membuat perbedaan dalam menciptakan kesan yang tepat, dan prinsip ini harus diterapkan pada semua jenis alas kaki. Itulah mengapa penting untuk menghindari desain yang terlalu informal dan terbuka di lingkungan yang lebih konservatif.

Ketinggian heels juga penting, terutama tergantung pada jumlah waktu yang Anda habiskan untuk memakainya. Pakar kesehatan menyarankan bahwa heels harus berada di antara 3 dan 5 cm, sehingga berat badan Anda dapat didistribusikan lebih merata dan ada sedikit tekanan di bagian depan kaki Anda. Jika Anda merasa Anda perlu ketinggian ekstra, Anda dapat mencoba platform sebagai alternatif, karena mereka menambah tinggi yang diinginkan sekaligus menyeimbangkan berat pada kaki.

3. Warna

Ilustrasi sepatu heels mahal [shutterstock]
Ilustrasi sepatu heels mahal [shutterstock]

Warna sepatu juga bisa menjadi faktor penentu. Sepatu hitam, terutama yang bertali tinggi, terlihat bagus pada perempuan yang tinggi tetapi tidak akan terlihat cocok untuk perempuan pendek, karena ini membuat kaki Anda terlihat lebih kecil.

Sebaliknya, alas kaki berwarna netral akan membuat kaki memanjang secara visual, jadi jika Anda orang yang pendek, alas kaki berwana nude akan menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Dianjurkan untuk memilih yang paling dekat dengan warna kulit Anda. Tentu saja, jangan lupa bahwa warna alas kaki Anda juga harus disesuaikan dengan warna pakaian Anda.

4. Efek visual

High heels (Unsplash)
High heels (Unsplash)

Ujung sepatu dapat mengubah persepsi kaki, membuatnya terlihat lebih lebar atau lebih sempit dan lebih pendek atau lebih panjang. Sepatu yang runcing cenderung memberi gaya pada punggung kaki dan menciptakan efek kaki yang lebih panjang. Jika ini dipadukan dengan celana ketat dan celana dengan warna senada, ini akan menghasilkan tampilan yang sempurna. Hal ini direkomendasikan bagi mereka yang ingin tampil lebih tinggi.

Namun, itu tidak direkomendasikan untuk mereka yang memiliki kaki yang sangat tipis, kecuali jika sepatu mereka memiliki detail atau "potongan visual" dalam desain yang menghasilkan efek sebaliknya.

Sepatu dengan bagian ujung kaki persegi juga bisa menambah sedikit visual pada kaki Anda, tetapi Anda harus memghindari ini jika Anda memiliki pergelangan kaki yang lebar. Sepatu dengan bagian ujung kaki bundar juga bisa membuat kaki lebih lebar secara visual, tetapi tidak sebanyak yang ujung kaki persegi. Selain itu, mereka bisa lebih nyaman dibandingkan dengan ujung kaki sepatu runcing.

5. Model sepatu

Model sepatu mungkin merupakan aspek yang paling penting untuk dipertimbangkan. Apa pun yang disebut dalam majalah mode, alas kaki terbaik hanyalah yang membuat kita merasa nyaman dan mencerminkan gaya kita.

Perempuan yang lebih feminin mungkin lebih suka memakai sepatu heels daripada memakai sepatu flat atau sepatu kets; tetapi perempuan yang lebih suka dengan gaya yang sederhana dan kasual pasti akan lebih nyaman dalam sepatu tanpa heels atau, mungkin, dengan heels yang rendah. Kuncinya adalah untuk mengikuti selera yang kita miliki yang sesuai dengan kepribadian kita.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS