Cara Tepat Hapus Makeup dari Wajah, Lakukan dengan 5 Langkah Berikut

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Cara Tepat Hapus Makeup dari Wajah, Lakukan dengan 5 Langkah Berikut
Ilustrasi Membersihkan Wajah. (Shutterstock)

Jangan asal-asalan, begini cara tepat menghapus makeup agar tak merusak kulit Anda.

Suara.com - Se-flawless dan senatural apapun makeup Anda, wajib menghapusnya sepulang bepergian. Malas menghapus makeup bisa mendatangkan banyak masalah bagi perempuan, mulai dari masalah jerawat, kulit iritasi, hingga penuaan dini.

Tapi, tahukah Anda cara menghapus makeup yang benar? Jangan sampai Anda jago bermakeup, tapi tak tahu apa-apa soal keterampilan membersihkan riasan.

Meski kesannya sepele, teknik menghapus makeup yang tepat harus dikuasai setiap perempuan. Hal itu karena menghapus makeup yang tepat berkaitan erat dengan kondisi kulit jangka panjang.

Nah, ini dia lima langkah tepat yang harus diperhatikan saat menghapus makeup, seperti dilansir dari Bright Side.

Langkah 1: Sebelum menghapus makeup

Pastikan Anda memiliki set pembersih wajah yang diperlukan. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda harus memilih produk yang bebas minyak. Sebaliknya, produk pembersih yang memiliki efek melembabkan, lebih cocok untuk kulit kering. Pastikan juga untuk membeli pembersih makeup mata yang terpisah. Dan jika Anda suka mengenakan makeup waterproof, gunakan pembersih berbahan dasar minyak.

Sebelum menghapus makeup, pastikan untuk menarik rambut Anda ke belakang sehingga tidak mengganggu pembersihan. Siapkan juga lap basah khusus untuk membersihkan sisa makeup.

Langkah 2: Menghapus riasan di mata

Basahi kapas dengan produk pembersih, kemudian tekan di mata. Tunggu 10-20 detik, lalu gerakkan kapas ke bagian atas mata dengan lembut, tanpa menggosoknya terlalu keras karena kulit di sekitar mata sangat halus.

Jangan gerakkan kapas ke depan dan ke belakang. Pindahkan satu arah dari sisi dalam ke sisi luar. Kemudian ganti kapas ke sisi yang bersih dan geser ke bawah bagian bulu mata.

Langkah 3: Menghapus riasan di bibir

Disarankan untuk menghapus riasan di bibir terlebih dahulu, agar lipstik di bibir tidak menyebar ke seluruh wajah Anda.

Anda dapat menggunakan produk khusus, atau petroleum jelly. Oleskan di bibir Anda, tunggu hingga 5 menit, kemudian bersihkan dengan kapas. Jangan menggosok terlalu keras, sehingga Anda tidak merusak bibir Anda.

Langkah 4: Menghapus riasan di wajah

Anda bisa gunakan micellar water. Basahi kapas dengan micellar water dan usap ke seluruh wajah Anda. Jangan lupakan area di bawah rahang dan di belakang telinga.

Pastikan Anda juga membersihkan garis rambut Anda, karena kosmetik juga bisa masuk ke sana. Setelah itu, Anda dapat menggunakan penghapus makeup, mengaplikasikannya dengan gerakan memutar di wajah dan leher.

Bilas wajah Anda dengan air dan tepuk hingga kering dengan handuk. Anda bisa menggunakan handuk kertas untuk mencegah penyebaran bakteri. Jangan menggosok kulit Anda, cukup basahkan dengan air.

Langkah 5: Setelah menghapus makeup

Sangat penting untuk merawat kulit Anda setelah menghapus makeup. Ini adalah tahap terakhir dari prosedur menghapus makeup. Anda dapat memijat wajah dengan lembut untuk memberikan elastisitas dan meningkatkan aliran darah. Dan Anda tentu perlu mengoleskan pelembab agar kulit Anda tidak mengering.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS