Biar Awet dan Tahan lama, Begini Cara Cuci Jaket Bulu yang Tepat

Angga Roni Priambodo | Rima Suliastini
Biar Awet dan Tahan lama, Begini Cara Cuci Jaket Bulu yang Tepat
Ilustrasi jaket bulu. (Pexels/Nicolas Postiglioni)

Jaket bulu jika tak ditangani dengan tepat, bisa cepat rusak.

Suara.com - Jaket bulu memang kurang populer di Indonesia, tapi seiring meningkatnya minat liburan warga Indonesia di negara-negara empat musim, maka banyak juga WNI yang memiliki jaket musim dingin ini lemari mereka.

Selama ini, kebanyakan orang akan pasrah pada laundry untuk membersihkan jaket bulu padahal sebenarnya, jaket tebal ini masih bisa dibersihkan sendiri di rumah.

Selain lebih hemat, jaket bulu yang dibersihkan sendiri di rumah juga bisa lebih awet dan kinclong jika dibandingkan cuci di laundry.

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah sampo sebagai pengganti deterjen. Ya sampo memiliki formula yang lebih ringan jika dibandingkan deterjen, sehingga dianggap lebih tepat untuk membersihkan jaket bulu.

Janganlupa, siapkan juga handuk sebagai alas jaket bulu ketika akan dikeringkan. Untuk lebih jelasnya yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

Ilustrasi jaket bulu. (Pexels/Daniel Adesina)
Ilustrasi jaket bulu. (Pexels/Daniel Adesina)

1. Pastikan suhu air
Sebelum mencuci jaket bulu, pastikan kamu memilih suhu air yang tepat. Informasi ini bisa kamu dapatkan di label yang terdapat di bagian dalam jaket bulu.

2. Cari titik noda
Jika jaket bulu kesayanganmu memiliki noda yang ingin dibersihkan, siapkan cairan pembersih khusus yang banyak dijual di supermarket. Sikat lembut noda tersebut dengan sikat gigi hingga bersih.

3. Rendam dengan sampo
Jaket bulu yang nodanya sudah dibersihkan bisa kamu rendam dengan campuran air dan sampo. Jangan kelamaan ya, rentang waktu 10-15 menit saja sudh cukup kok. Setelah itu kucek perlahan agar kotorannya bisa larut dalam air.

Ilustrasi jaket bulu. (Pexels/Marlon Schmeiski)
Ilustrasi jaket bulu. (Pexels/Marlon Schmeiski)

4. Peras perlahan
Jika jaket bulu sudah cukup bersih, peras secara perlahan hingga sebagian airnya berkurang. Lalu bilas jaket bulumu di air baru dan peras kembali hingga semua busa dan kotorannya bersih.

5. Keringkan pakai handuk
Jaket bulu yang sudah bersih harus segera ditiriskan di atas handuk tebal untuk menyerap sisa air. Setelah air tak lagi menetes, gantungkan jaket bulu dan angin-anginkan hingga benar-benar kering.

Ingat, jaket bulu tak boleh dijemur di bawah sinar matahari langsung. Jangan gunakan mesin pengering untuk mempercepat proses pengeringan karena bisa merusak bulu dan bentuk jaket. Selamat mencoba ya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS