Cara Membuat Onigiri Pakai Beras Biasa, Cocok Buat Bekal Anak ke Sekolah!

Risna Halidi
Cara Membuat Onigiri Pakai Beras Biasa, Cocok Buat Bekal Anak ke Sekolah!
Ilustrasi onigiri (Pixabay/sayama)

resep membuat bekal onigiri dari beras rumahan biasa.

Suara.com - Onigiri atau nasi kepal khas Jepang merupakan salah satu jenis makanan padat nan sederhana yang cocok untuk dijadikan bekal anak ke sekolah. Cara membuat onigiri pun mudah, hanya perlu sedikit usaha.

Nah, jika kamu mencari resep sederhana membuat bekal ala Jepang ini, coba nih resep membuat onigiri yang diunggah oleh akun YouTube Dapur Dina dengan modal hanya beras biasa. Bahan-bahan yang diperlukan juga bisa menyesuaikan sesuai selera, mau tahu resep dan tutorialnya?

Bahan yang digunakan
Beras 2 takaran cup rice cooker
Abon 60 gram
Nori atau rumput laut panggang 1 lembar
Garam secukupnya

Bahan tambahan (selera)
Telur dadar dua butir
Daun bawang 1 batang
Garam secukupnya
Minyak goreng 1 sdm

Cara membuat:

  1. Cuci beras sampai benar-benar bersih, setidaknya sampai empat kali dan air jadi lebih bening. Selanjutnya masak seperti biasa di rice cooker.
  2. Sambil menunggu beras matang menjadi nasi, kita bisa mengolah menu tambahan yaitu telur segitiga. Caranya, pecahkan dua butir telur, masukkan daun bawang yang sudah dipotong-potong dan campurkan garam secukupnya, kocok sampai rata. Lalu goreng dengan minyak dalam wajan, buat menjadi bentuk lonjong segitiga. Jika sudah, potong sampai telur nampak seperti segitiga. Lihat video untuk lebih jelas.
  3. Jika nasi sudah matang, kita bisa mulai untuk membuat onigiri. Pertama-tama, siapkan air matang untuk menjadi 'pelumas' tangan agar tidak lengket. Basahkan tangan, dan oleh sedikit garam ke telapak tangan.
  4. Ambil nasi yang masih hangat, kepal-kepal sampai berbentuk lonjong. Jika sudah, lubangi sedikit sebagai tempat memasukkan abon, tutup lagi dan tekan-tekan sampai berbentuk segitiga. Tutup dengan nori dan lakukan untuk sisa nasi dan abon selanjutnya.

Jika sudah selesai, telur segitiga dan onigiri sederhana siap untuk dijadikan bekal anak. Mudah kan?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS