facebook

Manfaat Menabung, Salah Satunya Mengurangi Stres

Vania Rossa
Manfaat Menabung, Salah Satunya Mengurangi Stres
Ilustrasi menabung. (Shutterstock)

Masih butuh alasan lain untuk mulai menabung?

Suara.com - Tak sedikit orang yang sulit menabung. Padahal, ada begitu banyak manfaat menabung yang bisa didapat.

“Menabung dapat memberikan ketenangan pikiran, yang memiliki efek pada perilaku Anda,” kata Melanie Lockert, penulis Dear Debt dan salah satu pendiri Lola Retreat, retret keuangan pribadi untuk perempuan, seperti dilansir dari laman Varomoney.

"Ketika Anda menghemat uang, Anda mengubah perilaku Anda sehingga Anda melindungi masa kini sekaligus masa depan Anda," kata Lockert.

"Uang itu bisa berupa keamanan, pintu menuju peluang, atau jalan keluar dari situasi buruk," tambahnya lagi.

Baca Juga: Anak-anak Punya Penghasilan Sendiri, Sandra Dewi Ajari Menabung

Nah, jika Anda saat ini masih belum bisa memulai untuk menabung, inilah beberapa manfaat menabung yang perlu Anda ketahui, yang ternyata sangat berpengaruh pada kondisi fisik dan emosional Anda.

1. Mengurangi stres

Stres finansial menghabiskan banyak waktu. Setiap perjalanan keluar rumah akan memberi ingatan pada kondisi finansial Anda yang buruk. Selain menimbulkan ketidaknyamanan sehari-hari, stres finansial juga memberi konsekuensi serius, termasuk depresi, perceraian, dan bunuh diri.

Sebuah survei Varomoney baru-baru ini menunjukkan betapa stres keuangan ternyata sangat lazim bagi orang di usia 20-an dan 30-an. Lebih dari separuh peserta survei mengatakan mereka merasakan stres finansial setiap hari. Dari mereka yang mengalami stres finansial secara reguler, 34% kehilangan satu jam atau lebih dari waktu tidur setiap malamnya.

Cobalah mulai dengan melacak pendapatan dan pengeluaran Anda. Dari informasi ini, Anda kemudian dapat menyesuaikan pengeluaran Anda dengan pemasukan sekaligus mengendalikan uang Anda.

Baca Juga: Demi Sepatu Baru untuk Anak, Pria Ini Menabung Koin Bertahun-tahun

2. Menyediakan dana cadangan

Tabungan Anda berfungsi sebagai dana cadangan atau dana darurat). Dengan memiliki dana cadangan, suatu waktu Anda mengalami kondisi darurat keuangan, Anda tidak akan merasa stres dan terbebani.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar