5 Tips agar Persahabatan Langgeng Seumur Hidup

Vania Rossa
5 Tips agar Persahabatan Langgeng Seumur Hidup
Ilustrasi persahabatan. [Shutterstock]

Sama halnya seperti pernikahan, persahabatan juga layak dijaga agar langgeng selamanya.

Suara.com - Ya, seperti halnya cinta, persahabatan juga butuh komitmen. Tapi, menjaga persahabatan agar langgeng seumur hidup memang tidak mudah.

Sebuah studi di Belanda tahun 2009 menemukan bahwa sebagian besar persahabatan hanya berlangsung sekitar tujuh tahun. Seperti halnya hubungan apapun, pertemanan hanya akan berhasil jika kedua belah pihak sama-sama menginginkannya.

Dan ketika usia persahabatanmu telah melampaui 10 tahun, kamu mungkin bisa menyimpulkan bahwa kamu dan sahabat akan menjadi teman selama sisa hidup kalian.

Lalu, bagaimana cara agar bisa mencapai friendship goal yang satu ini? Simak 5 tips berikut, seperti dilansir dari HelloGiggles.

1. Memiliki komunikasi terbuka

"Banyak faktor yang membuat persahabatan bisa langgeng seumur hidup, dan tidak ada dua persahabatan yang sama. Tetapi ada satu kunci yang dimiliki semua persahabatan, komunikasi terbuka," Lori Harder, penulis A Tribe Called Bliss dan pembawa acara dari podcast 'Earn Your Happy' kepada HelloGiggles.

Untuk menjalin persahabatan seumur hidup, kamu harus tahu bahwa kamu dan sahabat tidak akan menjadi orang yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dan, ingatlah bahwa kamu tidak akan memiliki hubungan yang sukses tanpa mengomunikasikan tentang kebutuhan, keinginan, dan harapan kamu. Kamu perlu membicarakan masalah dan saling memaafkan ketika terjadi kesalahpahaman.

2. Jangan saling menghakimi

“Perempuan ingin bersahabat tanpa penilaian ataupun penghakiman," demikian menurut konselor profesional berlisensi Deborah A. Olson, MA.

“Perempuan, dari usia 20-an hingga 80-an, menginginkan kebebasan untuk menjadi diri mereka sendiri ketika menjalin persahabatan, tanpa takut dihakimi. Ini memberikan landasan yang kuat bagi persahabatan untuk tumbuh, berkembang, dan menjadi persahabatan yang langgeng.”

Kamu mungkin tidak setuju dengan semua pilihan hidup yang dibuat temanmu, dan itu tidak apa-apa. Tetapi jika kamu ingin tetap berteman dengan seseorang seumur hidup, kamu harus menerima temanmua apa adanya dan mencintai mereka untuk itu. Tidak ada yang ingin berteman dengan seseorang yang hanya akan menghakimi atau mengkritik mereka.

3. Jadilah pendengar yang baik

“Saya pikir hal nomor satu yang membuat persahabatan langgeng adalah mendengarkan,” kata Carolyn Birsky, life coach bersertifikat, kepada HelloGiggles.

“Ini mungkin terdengar basic, tetapi salah satu bagian terpenting dari persahabatan adalah perasaan didengar. Kamu pergi dengan teman-temanmu untuk bersenang-senang karena kamu tahu mereka akan mendengarkanmu."

Ketika kamu secara konsisten muncul dan memberi temanmu ruang aman yang mereka butuhkan untuk mengeluarkan semuanya, kamu menunjukkan kepada mereka betapa dirimu sangat peduli pada mereka. Terkadang, kamu bahkan tidak perlu mengatakan apa pun. Kamu hanya perlu mendengarkan, hadir sepenuhnya, dan hadir untuk mereka. Seperti yang dikatakan Birsky, "Orang mencari seseorang yang membuat mereka merasa didengar dan ingin mempertahankan orang-orang itu dalam hidup mereka."

4. Bersikaplah konsisten

“Saya pikir upaya yang konsisten adalah hal nomor satu yang membuat persahabatan bertahan seumur hidup,” kata Nicole Zangara, LCSW, penulis Surviving Female Friendships: The Good, The Bad, and The Ugly. "Ketika Anda berdua berusaha, dan itu secara konsisten, persahabatan itu akan bertahan lama."

Persahabatan sama halnya seperti hubungan apa pun. Jika kamu berkencan dengan seseorang dan mereka secara tidak konsisten keluar-masuk kehidupanmu, kamu tidak akan bahagia. Ketika seseorang hanya muncul saat ada butuhnya saja, itu menunjukkan bahwa ia tidak menghargaimu.

5. Tetap terhubung

Salah satu hal yang paling mudah, namun entah bagaimana kadang menjadi yang terberat, yang harus dilakukan dalam persahabatan adalah tetap berhubungan, demikian dikatakan penasihat profesional berlisensi Kailee Place.
"Jarak, kehidupan, waktu - itu semua akan terjadi. Memperhatikan temanmu dengan bertanya tentang kehidupan mereka atau memberi tahu mereka tentang kehidupan kamu, adalah kunci untuk menjaga persahabatan."

Semua orang sibuk. Kita semua memiliki tanggung jawab dan hal-hal yang perlu kita selesaikan. Tetapi seberapa sulit untuk mengirim pesan singkat atau menelepon sesekali?

“Apa pun yang membuat koneksi itu tetap ada dan konsisten, akan menjaga persahabatanmu tetap langgeng seumur hidup,” katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS