5 Fakta Unik Ceker Ayam: Bisa Jadi Obat Hingga Resep Ceker Pedas

M. Reza Sulaiman
5 Fakta Unik Ceker Ayam: Bisa Jadi Obat Hingga Resep Ceker Pedas
Ilustrasi ceker ayam. (Suara.com/Angga Boedhijanto)

Ceker ayam tidak hanya bisa diolah menjadi makanan loh! Simak fakta unik seputar ceker ayam, yang ternyata bisa jadi obat hingga pelembap kulit.

Suara.com - Saat mendengar kata ceker ayam, apa yang terlintas di pikiran Anda? Sebagian besar mungkin menjawab berbagai olahan makanan yang bisa diracik menggunakan ceker ayam.

Padahal kegunaan ceker ayam tidak sebatas itu. Ceker ayam juga bisa digunakan sebagai bahan obat patah tulang hingga pelembab kulit lho!

Dirangkum Suara.com, berikut ini fakta unik ceker ayam.

1. Tiga Mahasiswa Ciptakan Pelembab Kulit dari Ceker Ayam

Ceker ayam. [shutterstock]
Ceker ayam. [shutterstock]

Tiga mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Brawijaya dibawah bimbingan dosen Firman Jaya berhasil menciptakan sumber kolagen halal untuk bahan kosmetik (pelembab) ajah berbahan baku kulit ceker ayam.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Edho Okta H, Dwi Hartanti, dan Florida M.

"Selain berbahan bakukulit ceker ayam, pelembab wajah halal ini juga kami tambahkan kulit buah apel sebagai antioksidan," kata Ketua Tim penemu kolagen halal tersebut, Edho Okta di Malang, Jawa Timur.

Kulit apel, kata Edho, memiliki flanovol dan prosianidin yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini.

"Produk temuan kami ini sebagai upaya untuk memanfaatkan limbah kulit ceker ayam dan kulit apel sekaligus mewujudkan kosmetik pelembab wajah yang bersertifikasi halal, aman, dan ramah lingkungan," katanya.

Baca selengkapnya

2. Keren Banget, Mahasiswa UGM Olah Limbah Ceker Jadi Obat Patah Tulang

Mahasiswa UGM buat obat patah tulang berbahan limbah ceker. (Suara.com/Putu Ayu Palupi)
Mahasiswa UGM buat obat patah tulang berbahan limbah ceker. (Suara.com/Putu Ayu Palupi)

Yudith Violetta P (Fakultas Kedokteran Hewan), Vigha Ilmanafi A (Fakultas Farmasi) dan Josi Aldo Pramono (Teknik Mesin) mengolah ceker ayam sehingga menghasilkan biomaterial bone graft dalam bentuk gel nano-BCP-kolagen.

"Kami mengolah sampah biologis yang ketersediaanya sangat melimpah di Indonesia yaitu ceker ayam," papar Yudith saat ditemui di UGM, baru-baru ini.

Mereka mengolah ceker ayam yang banyak ditemukan di rumah potong ayam. Limbah ceker itu diformulasikan dalam bentuk gel yang mudah diaplikasikan.

Pengujian efektivitas obat dilakukan pada hewan tikus wistar usia 2 bulan.

Hasil pengujian menyebut Betagraft dalam bentuk gel ini lebih efektif ddibandingkan dengan implan konvensional. Hal ini dikarenakan kelebihannya yang bisa fleksibel dan dapat menjangkau pada seluruh fragmen patahan tulang.

Baca selengkapnya

3. Ceker Ayam Pedas, Cabainya Melotop di Lidah

Sajian ceker ayam pedas. (Instagram/hanhanny)
Sajian ceker ayam pedas. (Instagram/hanhanny)

Tidak terlalu mengundang selera makan karena bentuknya yang bagi sebagian orang tampak ngeri, tapi peminat ceker ayam tidak sedikit lho. 

Apalagi diolah dengan benar, disajikan dengan miesop atau soto paling jadi favorit. Untuk kamu yang mau menyantap puas ceker ayam, ada menu Ceker Ayam Pedas yang bisa jadi sajian menu makan siang.

Berikut resepnya dirangkum Suara.com dari @hanhanny 

Bahan :

15 buah ceker ayam yang sudah dibersihkan
Air secukupnya untuk merebus daun jeruk, serai dan garam
Sebatang serei geprek
Secukupnya gula pasir, garam, kaldu bubuk
1 buah tomat merah iris-iris tipis
Minyak goreng untuk menumis

Baca selengkapnya

4. Gampang Pake Banget, Resep Ceker Pedas Ini Bikin Nagih, Coba Deh!

Ilustrasi Ceker Pedas. (Shutterstock)
Ilustrasi Ceker Pedas. (Shutterstock)

Nah, salah satu makanan favorit yang banyak disukai orang adalah ceker pedas. Tapi sulit nih kalau cari penjual ceker pedas.

Kalau pun ada, bisa jadi lokasinya jauh. Kalau ini yang Anda alami, nggak usah bingung, karena ceker pedas mudah kok cara membuatnya.

 
Berikut resep ceker pedas mengutip endeus.tv, Sabtu (18/1/2020).

Bahan-bahan:
1/4 kilogram ceker ayam
1 batang serai
1 lembar daun-salam
1 sdm penyedap rasa kaldu-ayam
1 sdm gula merah
1 sdm kecap

Baca selengkapnya

5. Manfaat Kesehatan Ceker Ayam kesukaan Andrew White

Nana Mirdad dan Andrew White di Jepang. (instagram.com/nanamirdad_)
Nana Mirdad dan Andrew White di Jepang. (instagram.com/nanamirdad_)

Beberapa orang mungkin tidak mau mengonsumsi ceker ayam karena dianggap tidak bergizi. Faktanya dilansir dari dailypedia.net, ceker ayam justru memberikan manfaat kesehatan.

Karena, ceker ayam bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang, sendi dan lainnya. Ceker ayam mengandung tulang dan tendon yang menampung banyak protein, kalsium dan kolagen.

Ceker ayam. [shutterstock]
Ceker ayam. [shutterstock]
Menurut sebuah penelitian dari Fakultas dan Ilmu Kedokteran Hewan Universitas Chung-Hsing di Taiwan mengatakan jumlah kolagen yang ditemukan pada ceker ayam adalah jumlah yang sama dengan yang ditemukan pada sayuran hijau dan buah-buahan.

Sebab kolagen dapat membantu Anda memperbaiki kulit, rambut, nyeri sendi, degenerasi, menyembuhkan sindrom usus bocor, meningkatkan metabolisme, massa otot dan melindungi kesehatan jantung.

Ceker ayam juga membantu dalam memproduksi sel darah merah dan membuat pembuluh darah lebih kuat. Selain itu, ceker ayam juga memberikan manfaat seperti menyembuhkan luka, menyeimbangkan hormon, mengurangi stres, memperkuat tulang sendi hingga menurunkan tekanan darah.

Baca selengkapnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS