8 Khasiat Lidah Buaya dan Cara Penggunaannya

Vania Rossa
8 Khasiat Lidah Buaya dan Cara Penggunaannya
Lidah buaya. (Shutterstock)

Dalam dunia kecantikan dan kesehatan, khasiat lidah buaya sudah tak diragukan lagi.

Suara.com - Selain sebagai tanaman hias, lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat. Tak hanya sebagai obat, khasiat lidah buaya juga mencakup seputar kecantikan.

Bahkan, seorang dokter kulit, Lian A. Mack, MD, menyebut lidah buaya sebagai zat penyembuh alami berkat banyaknya antioksidan, enzim, serta vitamin A dan vitamin C yang dikandungnya. "Karena tanaman lidah buaya tumbuh subur di iklim kering dan tidak stabil, tanaman ini dikenal dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan terhidrasi," katanya.

Jadi, jika Anda sedang mencari alternatif perawatan kulit alami dan ramah lingkungan, tak ada salahnya mencoba lidah buaya. Namun dr. Mack mengingatkan untuk tak lupa melakukan tes alergi terlebih dahulu. Ia menegaskan bahwa beberapa orang mungkin mengalami alergi kulit akibat hipersensitivitas, sehingga direkomendasikan untuk melakukan tes tempel selama beberapa hari untuk memastikan Anda tidak memiliki reaksi negatif terhadap lidah buaya.

Dan dilansir dari Women's Health Mag, inilah 8 khasiat lidah buaya berikut cara penggunaannya yang harus Anda tahu.

1. Sebagai pelembap wajah

“Daun padat air yang dikombinasikan dengan senyawa tanaman spesifik yang disebut karbohidrat kompleks menjadikan lidah buaya pelembap wajah yang efektif,” kata dr. Mack. Itu sebabnya, Anda akan sering menemukan lidah buaya di daftar bahan untuk krim wajah yang sifatnya menenangkan dan menghidrasi.

Konsistensi gelnya yang ringan dan sifat penyembuhan yang dimilikinya juga membuat lidah buaya ideal untuk kulit yang terbakar sinar matahari.

2. Perawatan jerawat

Dr. Mack juga mengatakan lidah buaya dapat membantu mengobati jerawat, tetapi mencatat bahwa ini bekerja paling baik pada jerawat di permukaan kulit yang dangkal daripada jerawat kistik atau jerawat yang lebih dalam.

Jadi, jika Anda memiliki komedo putih yang membandel, coba oleskan gel lidah buaya untuk mengusirnya.

3. Menghapus makeup

Dr. Mack merekomendasikan lidah buaya sebagai alternatif pengganti makeup remover yang berbasis minyak. "Kulit di wajah, terutama di sekitar mata, dianggap sebagai salah satu bagian kulit yang paling halus di seluruh tubuh kita. Karena kelembapannya, lidah buaya mampu dengan mudah dan lembut menghilangkan makeup," katanya.

4. Mengatasi puting lecet pada ibu menyusui

Dari pengalaman pribadinya, dr. Mack tahu bahwa lidah buaya berfungsi untuk ibu menyusui. "Lidah buaya bisa menjadi penyelamat bagi puting susu yang lecet."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS