alexametrics

Sering Bikin Bad Mood, Cara Mengatasi Wajah Bengkak saat Bangun Tidur

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Sering Bikin Bad Mood, Cara Mengatasi Wajah Bengkak saat Bangun Tidur
Ilustrasi bangun tidur. (Shutterstock)

Namun, waspadai jika wajah bengkak tersebut disertai perubahan warna kulit.

Suara.com - Apakah kamu tidak suka berkaca setelah bangun tidur karena malas melihat tampilan wajah bengkak di pagi hari? Mengapa wajahmu harus terlihat sembab begitu?

Wajah tampak bengkak di pagi hari adalah hal yang normal dan terjadi pada semua orang. Dokter kulit di Hackensack, New Jersey, MArgarita Lolis, MD, mengatakan bahwa orang-orang bangun dalam kondisi seperti itu karena berbagai alasan.

Beberapa penyebab umumnya antara lain dehidrasi, alergi musiman, dan terlalu banyak mengonsumsi garam atau alkohol.

Namun, Lolis memperingatkan, jika bengkak kulit menyerupai pembengkakan dengan perubahan warna, Anda mesti mengunjungi dokter secepat mungkin.

Baca Juga: Keracunan Sinar Matahari, Wajah Gadis Ini Bengkak hingga Tak Bisa Melihat

Sering Bikin Bad Mood, Cara Mengatasi Wajah Bengkak saat Bangun Tidur - 1
Ilustrasi bangun tidur. (Shutterstock)

Ini bisa terjadi akibat infeksi bakteri kulit berbahaya yang disebut selulitis. Kondisi itu dapat menyebabkan kemerahan dan pembengkakan di wajah dan harus dirawat segera.

Guna mengatasi wajah bengkak atau sembab di pagi hari, Sejal Shah, MD, dokter kulit di New York City merekomendasikan untuk membersihkan wajah dengan air dingin atau hangat dan dengan kompres dingin.

"Minum banyak air juga bisa membantu, tetapi berolahraga akan membuat pemulihan wajah Anda selangkah lebih cepat," ungkap Shah, seperti dilansir dari Health.

Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)
Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)

Menurut dia, kombinasi berkeringat dan minum air bisa membantu menyeimbangkan garam serta air di dalam tubuh.

"Kalau mata bengkak menjadi perhatian utama Anda, coba aplikasikan kantong teh basah, kafein di dalamnya membantu mengecilkan pembuluh darah," kata dia.

Baca Juga: Sudah Terbukti Ilmiah, Ini Keistimewaan Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Ada cara untuk menghindari kondisi ini. Dokter kulit bernama Heidi Waldorf, MD menyarankan untuk tetap menghidrasi tubuh selama beraktivitas sebelum tidur, terutama kalau peka terhadap garam.

Komentar