Dieng Diselimuti Embun Es, Wisatawan Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini

Silfa Humairah Utami
Dieng Diselimuti Embun Es, Wisatawan Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini
Dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah. (Antara)

Wisatawan tampak sudah berdatangan untuk melihat langsung batu es salju yang menyelimuti Dieng

Suara.com - Wisata Dieng serasa berbeda beberapa hari ini, karena musim es salju sudah tiba hingga menyelimuti kompleks Candi Arjuna. Suhu di termometer hampir mendekati minus 3,5'Celcius, Senin (27/7/2020).

Wisatawan pun juga tampak sudah berdatangan untuk melihat langsung batu es salju yang menghiasi rerumputan dan tanah yang tampak bersalju dan beku.

Setiap tahun, di kawasan wisata yang ada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara memang sering mengalami fenomena unik ini. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai embun es atau embun upas.

Embun es di Dieng selalu berhasil menarik perhatian para wisatawan yang akan berkunjung ke Dieng. Fenomena ini menjadi peristiwa tahunan yang sayang untuk dilewatkan, biasanya mulai akhir Juli hingga Agustus.

Es Embun di Dieng. (Instagram/@diengfuntrip)
Es Embun di Dieng. (Instagram/@diengfuntrip)

Masyarakat setempat juga akan bersiap untuk menghadapi suhu udara yang lebih dingin dari biasanya. Warga sekitar dan wisatawan diimbau untuk menyiapkan alat penghangat badan, biar tidak hipo. Kemudian jaket tebal dan sarung tangan juga tidak boleh dilupakan.

Menariknya, meski terlihat seperti baru dihujani salju, hal ini sebenarnya menandakan bahwa musim kemarau telah tiba. Jadi tidak berlangsung lama seperti musim salju di Eropa.

Bikin penasaran, kalau mau datang pastikan untuk mengikuti protokoler kesehatan, pakai masker dan bawa hand sanitizer hingga jarak lalu pakai jaket tebal dan perlengkapan lainnya ya. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS