Atasi Tagihan Listrik yang Membengkak dengan Cari Tahu Penyebabnya

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Atasi Tagihan Listrik yang Membengkak dengan Cari Tahu Penyebabnya
Ilustrasi tagihan listrik. (Dok : today.line.me)

Bagi Anda yang memiliki aktivitas sangat padat, melakukan pembayaran tagihan kini bisa dilakukan secara online.

Suara.com - Pertengahan bulan menjadi momen sangat penting, mengingat banyaknya tagihan bulanan yang perlu Anda bayarkan. Tagihan-tagihan itu diantaranya, tagihan listrik, air, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, internet, dan masih banyak lagi.

Aneka tagihan tersebut tentu perlu dibayarkan secara rutin dengan rentang waktu yang telah ditentukan. Jika terlambat, bersiaplah untuk mendapatkan sanksi berupa tambahan biaya sebagai denda atau bahkan diputusnya layanan yang Anda dapatkan.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda tidak terlambat dalam membayar setiap tagihan tersebut, ya.

Bagi Anda yang memiliki aktivitas sangat padat, melakukan pembayaran tagihan kini bisa dilakukan secara online. Hal ini membuat Anda tidak lagi memiliki alasan untuk lupa atau bahkan tidak sempat melakukan pembayaran.

Pasalnya, Anda bisa melakukan pembayaran kapan pun dan di mana pun Anda mau, baik itu di rumah, kantor atau bahkan saat sedang melakukan perjalanan sekalipun.

Cek tagihan listrik secara online juga terbilang sangat mudah, di mana yang Anda butuhkan hanyalah nomor meteran. Sangat praktis, bukan?

Anda yang belum pernah mencobanya, tentu patut mempertimbangkan kemudahan bayar dan cek tagihan listrik secara online ini.

Berbicara mengenai tagihan listrik, tentu banyak dari Anda yang seringkali bertanya-tanya mengenai penyebab dari tagihan listrik yang membengkak? Jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini akan membuat pengeluaran bulanan Anda menjadi semakin tidak bisa dikontrol. Bukan tidak mungkin, tagihan listrik yang membengkak membuat Anda kelabakan dalam mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

Penyebab Tagihan Listrik Anda Membengkak

Tagihan listrik yang membengkak tentu disebabkan oleh berbagai macam hal. Sayangnya, banyak orang yang seringkali tidak menyadari apa saja penyebab dari membengkaknya tagihan listrik tersebut. Untuk itu, berikut beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui:

1. Lupa Mencabut Colokan yang Tidak Perlu

Meski terdengar sepele, tahukah Anda bahwa kebiasaan lupa mencabut colokan listrik menjadi salah satu penyebab utama mengapa tagihan listrik Anda membengkak. Terlebih jika hal ini Anda lakukan setiap hari. Pasalnya, arus listrik akan tetap berjalan saat kabel colokan masih menempel pada stop kontak, sekalipun sedang tidak Anda gunakan.

Lupa mencabut colokan listrik ini seringkali terjadi setelah melakukan charging pada smartphone, laptop, atau alat elektronik lainnya. Agar arus listrik yang mengalir tidak lagi sia-sia, pastikan Anda mulai menghilangkan kebiasaan yang satu ini, ya.

2. Menyalakan Lampu di Siang Hari

Penyebab sepele lainnya yang sering dilakukan adalah boros terhadap penggunaan lampu. Banyak dari Anda yang sering kali tetap menghidupkan lampu, meski hari sudah mulai siang. Hal ini tentu terbilang cukup sia-sia dan mubazir, pasalnya siang hari Anda bisa lebih memanfaatkan cahaya alami yang berasal dari matahari.

Mematikan lampu juga berlaku bagi Anda yang baru saja keluar dari kamar mandi. Selain wajib kembali menutup keran air dan pintu, pastikan Anda juga meninggalkan kamar mandi dalam kondisi lampu mati, ya. Menyalakan lampu kamar mandi saat tidak digunakan tentu akan sia-sia.

Lalu bagaimana solusinya jika ruangan di rumah Anda memang gelap dan tidak bisa terkena sinar matahari secara maksimal? Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan lampu yang tepat.

Dibandingkan dengan menggunakan lampu biasa, akan lebih baik jika Anda menggunakan lampu LED. Meski memiliki harga yang lebih mahal, namun lampu satu ini bisa lebih menghemat energi, lho. Bahkan, kemampuannya dalam menghemat energi 90 persen lebih baik dibandingkan dengan lampu biasa.

Sekalipun memiliki kapasitas watt yang sama, daya tahan lampu LED juga telah terbukti lebih baik dibandingkan dengan lampu biasa. Bagi Anda yang ingin memiliki lampu lebih hemat energi serta tidak mudah rusak, kini saatnya untuk berpaling dari lampu biasa dan mulai menggunakan lampu LED untuk memberikan penerangan di rumah Anda.

3. Menggunakan AC Secara Berlebihan

AC menjadi salah satu peralatan elektronik yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang tinggal di kawasan panas. Dengan memiliki AC, kini udara di dalam rumah Anda bisa terasa lebih sejuk dan tidak lagi gerah. Hal inilah yang membuat rumah-rumah di perkotaan seringkali dilengkapi dengan AC di dalamnya. Namun terlepas dari fungsinya tersebut, tahukah Anda bahwa AC merupakan salah satu peralatan elektronik dengan konsumsi listrik yang sangat besar.

Jika tidak digunakan secara bijak, AC memiliki peran yang sangat besar dalam membuat tagihan listrik Anda membengkak. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda mulai membatasi penggunaan dari AC. Nyalakan AC, jika memang dibutuhkan saja.

Jika mengurangi penggunaannya terasa sangat sulit, Anda sebaiknya membeli AC yang dilengkapi dengan teknologi hemat energi. Pasalnya, AC hemat energi seringkali dilengkapi dengan pengaturan suhu otomatis, yang mana AC akan mati snedirinya atau menurunkan suhu saat sedang tidak digunakan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS