Pertama di Asia, BK Luncurkan Menu Burger Bebas MSG dan Pewarna Sintetis

Risna Halidi
Pertama di Asia, BK Luncurkan Menu Burger Bebas MSG dan Pewarna Sintetis
Burger King (facebook.com/BURGER KING JAPAN)

Indonesia sendiri merupakan negara pertama di Asia Pasifik (APAC) yang meluncurkan varian burger terbaru bersamaan dengan Amerika Serikat dan Kanada.

Suara.com - Kamu pecinta burger? Jika ya, ada yang baru dari Burger King. Gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat itu baru saja merilis burger 100 persen bebas pewarna makanan sintetis dan penyedap rasa!

Melaui siaran pers yang diterima Suara.com, Jumat (18/9/2020), peluncuran burger bebas pewarna makanan sintetis dan penyedap rasa ini merupakan tonggak sejarah dan salah satu upaya perubahan substansial yang dilakukan Burger King pada menu-menu yang mereka sajikan.

Di Indonesia, Burger King mengaku telah membersihkan 80 persen dan memperbaiki bahan-bahan yang digunakan dengan menghilangkan MSG dan sirup jagung tinggi fruktosa. Kata Head of Burger King Indonesia, Vaibhav Punj, pihaknya sadar betul bahwa makanan yang otentik memiliki rasa yang lebih baik.

"Selama beberapa tahun terakhir, Burger King tengah dalam perjalanan untuk meningkatkan kualitas bahan makanan yang disajikan. Kami melakukan banyak upaya pada Whopper yang ikonik untuk membuatnya terasa lezat dan Whopper terbaru tidak mengandung pewarna sintetis dan penyedap rasa, namun tetap memiliki rasa daging sapi panggang yang ikonik seperti yang diketahui dan disukai para konsumen," ujar Vaibhav Punj.

Baca Juga: Hits Lifestyle: Pewarna Makanan dari Serangga hingga KFC Jual Kue Pukis

Whopper bebas MSG dan pewarna sintetis (Dok. Burger King Indonesia)
Whopper bebas MSG dan pewarna sintetis (Dok. Burger King Indonesia)

Ia melanjutkan, pengumuman varian baru Whopper tersebut merupakan bentuk komitmen untuk menyajikan makanan lezat dan terjangkau namun tetap membuat konsumen Indonesia merasa nyaman.

Beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia dianggap menjadi lebih sadar akan apa yang mereka konsumsi. Konsumen juga semakin sadar dan ingin mengetahui jenis bahan makanan yang mereka konsumsi. Pada 2019, Burger King melakukan studi penggunaan & sikap konsumen dengan 1000 responden.

Hasilnya menunjukkan bahwa konsumen benar-benar mencari produk yang tidak mengandung pewarna sintetis atau penambah rasa.

Beberapa klaim utama yang menonjol adalah 100 persen daging ayam sesungguhnya; 58 persen terbuat dari bahan makanan autentik, dan 50 persen tanpa pewarna, penambah rasa, dan pengawet buatan.

Di sisi lain, Head of Innovation and Supply Chain Burger King Indonesia Natalia Purwati, mengatakan bahwa pihaknya telah meluncurkan kebijakan bahan otentik sejak 2017 lalu.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Karmin, Pewarna Makanan yang Terbuat dari Serangga

"Sejak itu kami telah bekerja sama dengan pemasok kami untuk hanya menggunakan bahan autentik. Kami menggunakan bahan-bahan pengawet yang orisinil seperti ekstrak rosemary, ekstrak teh hijau, dan jus lemon untuk menggantikan pengawet buatan. Lalu akar bit, klorofil, dan arang untuk menggantikan pewarna sintetis."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS