Gandeng Pekerja Seni, Surabaya Bikin Parade Kesenian Budaya Secara Virtual

M. Reza Sulaiman
Gandeng Pekerja Seni, Surabaya Bikin Parade Kesenian Budaya Secara Virtual
Pentasi Seni Ludruk di Surabaya. (Dok. ANTARA)

Di masa pandemi, kegiatan virtual jadi satu-satunya cara pekerja seni dan budaya mendapat pemasukan.

Suara.com - Pekerja seni dan budaya merupakan salah satu kelompok yang terdampak secara ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Menyadari hal itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya akan menggelar Parade Kesenian Budaya secara virtual di tengah pandemi Covid-19 mulai 19 September hingga hingga akhir Desember 2020.

Kepala Disbudpar Kota Surabaya Antiek Sugiharti di Surabaya, Jumat, mengatakan selama pandemi belum berakhir, pihaknya terus berinovasi agar pekerja seni dan budaya di Kota Pahlawan tetap bisa berkarya dan berkreasi.

"Tentunya inovasi yang disiapkan itu dengan memperhatikan protokol kesehatan," katanya.

Baca Juga: Serius Tangani Covid-19, Warga Surabaya Bisa Tes Swab Gratis di Labsekda

Menurut dia pertunjukan itu akan digelar mulai tiga hingga lima kali dalam satu pekan.

"Misalnya tanggal 19 September kita mengambil tema Surabaya Merah Putih, berkaitan dengan perobekan bendera. Akan tampil mulai KPJ (Komunitas Penyanyi Jalanan), ludruk, teater, dan musik dalam suatu kegiatan seni budaya," kata Antiek, dilansir ANTARA.

Selain itu, lanjut dia, kesenian tradisional seperti wayang orang, karawitan hingga ketoprak juga bakal disuguhkan dalam parade tersebut.

Menurut dia setiap momen dipertunjukkan itu menyajikan tema yang berbeda-beda. Para seniman secara bergantian akan mengisi kegiatan itu.

"Artinya dalam tampilan virtual itu seniman kita akan tampil secara bergantian dalam momen dan tema yang berbeda-beda," katanya.

Baca Juga: Rawan Jadi Klaster Corona, Pentas Kesenian di Alun-Alun Suroboyo Dihentikan

Untuk meramaikan pertunjukan yang berlangsung secara virtual tersebut, katanya, Disbudpar juga menggandeng beberapa tokoh seniman dan budayawan asal Surabaya, seperti Cak Kartolo, Cak Lupus, dan Cak Suro.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS