alexametrics

4 Cara Merawat Wajan Agar Awet dan Tahan Lama

M. Reza Sulaiman
4 Cara Merawat Wajan Agar Awet dan Tahan Lama
LocknLock Easy Frypan, wajan anti lengket dengan cara merawat yang mudah. (Dok. LockNLock)

Bagi Anda yang sering memasak di rumah, penggunaan wajan dilakukan hampir di setiap menu masakan. Bagaimana caranya merawat wajan agar awet?

Suara.com - Bagi Anda yang sering memasak di rumah, penggunaan wajan dilakukan hampir di setiap menu masakan. Karena termasuk peralatan yang sering digunakan, tak jarang wajan menjadi benda yang paling cepat rusak.

Padahal, ada loh cara merawat wajan agar awet dan tahan lama dengan mudah. Bagaimana caranya?

1. Gunakan spatula kayu

Wajan modern memiliki lapisan anti lengket yang membuat penggunaannya menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Apa Perbedaan Antara Wajan Antilengket Yang Murah dan yang Mahal?

Namun jika Anda menggunakan spatula dari bahan logam, lapisan anti lengket ini akan lebih mudah rusak. Untuk itu, disarankan Anda menggunakan spatula berbahan kayu atau silikon saat memasak.

2. Masak dengan api sedang

Penggunaan api besar secara berkala dapat menurunkan ketahanan wajan. Anda disarankan menggunakan api sedang saat masak, mengingat wajan sekarang memiliki kemampuan menghantarkan panas yang lebih baik.

3. Jangan langsung dicuci

Proses pencucian wajan setelah digunakan juga turut berpengaruh terhadap daya tahannya. Anda disarankan tidak langsung menyiram dengan air dan mencuci wajan dalam keadaan panas sesudah memasak. Diamkan sejenak hingga suhu normal, setelah itu baru bilas dan cuci wajan dengan sabun cair.

Baca Juga: Pentingnya Gaya Hidup Sehat untuk Menghadapi New Normal

4. Hindari spon kawat

Komentar