Mengenal Istilah Aseksual, Normal Enggak Sih?

Bimo Aria Fundrika
Mengenal Istilah Aseksual, Normal Enggak Sih?
Ilustrasi mengenal aseksual. (Shutterstock)

Kamna menjelaskan itu adalah jenis orientasi seksual, seperti halnya heteroseksualitas dan homoseksualitas.

Suara.com - Isitiah heteroseksual, homoseksual atau biseksual mungkin cenderung lebih ramah didengar. Tapi, bagaimana dengan aseksual? Pernahkah kamu mendengar sebelumya?

Dilansir dari Healthshots, seorang psikolog klinis dan kepala Departemen Ilmu Kesehatan Mental & Perilaku di Fortis Memorial Research Institute, Kamna Chibber, menjelaskan secara lengkap tentang aseksual.

“Orientasi seksual bukanlah sesuatu yang tetap. Variabilitas adalah elemen alami dalam hal orientasi seksual. Aseksualitas ditandai dengan tidak adanya hasrat seksual terhadap jenis kelamin sama sekali. "

Kamna menjelaskan itu adalah jenis orientasi seksual, seperti halnya heteroseksualitas dan homoseksualitas. Orang aseksual kekurangan hasrat seksual tetapi mereka mungkin mengalami orientasi romantis.

Baca Juga: Tanpa Jantan, Ular Sanca Betina Berusia 62 Tahun Bertelur

Ilustrasi LGBT. (Shutterstock)
Ilustrasi orientasi seksual. (Shutterstock)

Ini berarti mereka mungkin tidak memiliki perasaan seksual tetapi beberapa dari mereka ingin mencari cinta. Orang-orang baru-baru ini menjadi lebih terbuka tentang aseksual yang juga berarti bahwa pengetahuan tentangnya masih dalam proses perluasan.

Dalam hal orientasi seksual, orang yang berbeda merasakan hal yang berbeda. Ini juga berlaku untuk aseksualitas. Secara garis besar, spektrum aseksual memiliki dua orientasi:

  • Orientasi seksual
  •  Orientasi emosional

Sama seperti manusia lainnya, orang aseksual membutuhkan dukungan emosional. Namun, cara mereka memilih untuk memenuhi kebutuhan tersebut mungkin berbeda.

Beberapa mungkin menginginkan hubungan romantis sementara yang lain mungkin membutuhkan pertemanan intim yang erat. Beberapa mungkin juga memiliki libido tetapi tidak memiliki hasrat seksual untuk melakukannya. Jadi, ini bukanlah sesuatu yang diperbaiki.

Itu wajar dan berbeda untuk orang yang berbeda. Karena kurangnya pengetahuan, orang cenderung rancu mengenai aseksualitas dengan berbagai hal dan pengalaman lain.

Baca Juga: RUU Ketahanan Keluarga, DPR: Homoseksual Ganggu Masa Depan Umat Manusia

Salah satu hal yang sering disalahartikan oleh orang adalah bahwa aseksualitas itu sama dengan selibat atau pantang. Selibat dan pantang adalah keputusan sadar untuk tidak terlibat dalam tindakan seksual apa pun meskipun memiliki keinginan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS