Lagi di Malang? Ini 9 Tempat Wisata Berkonsep Alam yang Sayang Dilewatkan

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Lagi di Malang? Ini 9 Tempat Wisata Berkonsep Alam yang Sayang Dilewatkan
Omah Kayu. (Dok: Instagram/@omahkayubatu)

Jika masih bingung mau ke mana selama di Malang, berikut 9 pilihan destinasi wisata di Malang berkonsep pemandangan alam.

Suara.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang menghabiskan waktunya di rumah. Tapi, kalau sudah jenuh tidak ada salahnya kok Anda melipir sejenak dari kepenatan bekerja, belajar, dan berkegiatan di rumah, lalu pergi berlibur.

Eits, tentu saja tetap memperhatikan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan. Kalau bingung liburannya ke mana? Malang, Jawa Timur bisa jadi pilihan destinasi yang Anda kunjungi.

Jika masih bingung mau ke mana selama di Malang, berikut 9 pilihan destinasi wisata di Malang berkonsep pemandangan alam, berdasarkan rilis Tiket.com yang diterimas Suara.com, Jumat (16/10/2020).
 
1. Menikmati sejuk udara pegunungan di Omah Kayu

Buat yang ingin melihat panorama indah pegunungan di Kota Malang, Anda bisa berkunjung ke Omah Kayu. Di sini, Anda bisa menghabiskan waktu di rumah pohon yang menjadi daya tarik dari spot wisata ini.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Infinity Pool Terbaik di Bali, Dijamin Bikin Ogah Pulang

Selain menikmati udara sejuk dan pemandangan indah, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti hunting foto. Karena di Omah Kayu, Anda bisa menemukan banyak spot unik untuk foto-foto.

Omah Kayu. (Dok: Instagram/@omahkayubatu)
Omah Kayu. (Dok: Instagram/@omahkayubatu)

Untuk mencapai area Omah Kayu, jalur yang harus dilewati cukup jauh. Tapi, jangan khawatir, karena akses jalan yang akan kamu lewati sangat bersahabat. Anda akan ditemani pemandangan indah sepanjang jalan menuju Omah Kayu. Dengan pemandangan indah sepanjang jalan, rasa lelah pun akan hilang dan tidak akan terlintas dipikiran kamu.

Harga tiket masuk: Rp 10.000 per orang di hari biasa. Rp 15.000 per orang di hari libur dan akhir pekan. Alamat: Jalan Gunung Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Jadwal buka: setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.
 
2. Berburu foto kekinian di Taman Langit Gunung Banyak

Destinasi yang juga sedang jadi incaran wisatawan di Kota Malang adalah Taman Langit Gunung Banyak. Tak hanya memiliki pemandangan indah dan udara sejuk, spot wisata yang satu ini bisa bikin Anda merasa seperti sedang berada di negeri dongeng.

Mulai dari gerbang berbentuk malaikat dari akar pepohonan, hingga patung peri cantik dari kayu rotan, semuanya bisa kamu jumpai di Taman Langit. Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa puas foto foto di spot unik lain yang ada di Taman Langit.

Baca Juga: Mahar Super Mewah, Begini Respons Penghulu Ditanya Pernikahan Nikita Willy

Taman Langit Gunung Banyak (Dok Instagram/@tamanlangitgunungbanyak)
Taman Langit Gunung Banyak (Dok Instagram/@tamanlangitgunungbanyak)

Taman Langit juga memiliki fasilitas seperti warung makan, mushola, toilet, kamar mandi, dan gazebo. Jika kamu ingin menginap, kamu bisa bermalam di penginapan yang ada di area wisata Taman Langit. Harga tiket masuk Rp10.000,-.

Beralamat di Jalan Gunung Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Jadwal buka setiap hari pukul 07.00 hingga 00.00 WIB

3. Coban Putri, indahnya air terjun bertingkat

Salah satu pesona dari kota Malang terletak di keindahan air terjunnya. Mungkin Anda terbiasa mendengar istilah “curug”, kalau di Malang, air terjun biasa disebut dengan “coban”.

Coban Putri. (Dok: Instagram/@cobanputri)
Coban Putri. (Dok: Instagram/@cobanputri)

Coban Putri adalah destinasi wisata alam yang jadi favorit warga Malang dan sekitarnya. Konon katanya, air terjun ini pernah menjadi tempat pemandian Putri Ken Dedes dari Kerajaan Singasari di Jawa Timur. Itulah mengapa air terjun ini dinamakan Coban Putri.

Keindahan air terjun bertingkat di Coban Putri ini sangat ternama. Ketika berkunjung ke sini, Anda akan langsung disambut dengan gemuruh air pegunungan yang deras, jernih dan segar serta sejuknya udara bersih pegunungan.

Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto selfie di beberapa spot cantik yang tersedia di area Coban Putri. Anda jangan lupa untuk membawa baju ganti supaya Anda bisa puas main air seharian.

Harga tiket masuk Rp10.000,-. Beralamat di Tlekung, Junrejo, Batu, Jawa Timur. Jadwal buka setiap hari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.
 
4. Segar dan sejuk air terjun Coban Rais

Wisata air terjun yang jadi spot liburan favorit warga Malang lainnya adalah Coban Rais. Di Air Terjun Coban Rais, Anda bisa melihat pemandangan indah pegunungan serta air terjun setinggi kurang lebih 20 meter yang berada di lereng Gunung Panderman.

Coban Rais. (Dok: Instagram/@cobanrais)
Coban Rais. (Dok: Instagram/@cobanrais)

Selain menikmati indahnya pemandangan di sekitar air terjun, Anda juga bisa bersantai di pinggir kolam sambil menghirup udara sejuk pegunungan yang dapat menenangkan pikiran. Air kolamnya sejuk dan segar.

Sebelum menikmati keindahan Coban Rais, kamu harus melewati jalan setapak di tengah hutan sejauh 7 kilometer, dengan jarak tempuh 15 hingga 30 menit. Di tengah perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan hutan belantara yang bikin rasa lelah karena perjalanan tidak terasa.

Setelah puas bermain di area Coban Rais, kamu bisa mampir ke beberapa objek wisata lain yang ada di dekat wisata air terjun ini. Beberapa spot yang tak boleh dilewatkan adalah Bukit Bulu, Rumah Hobbit, dan Batu Flower Garden.

Harga tiket masuk Rp10.000,-. Beralamat di Jalur Lingkar Barat No.8, Oro-Oro Ombo, Batu, Malang. Jadwal buka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB
 
5. Menikmati keindahan alam di Goa Pinus

Menikmati keindahan alam sambil menghirup udara sejuk paling tepat dilakukan di Goa Pinus. Suasana damai dan nyaman akan terasa begitu Anda datang ke area wisata ini. Deretan pohon pinus yang berjajar rapi juga siap memanjakan mata dan menenangkan hati.

Nama Goa Pinus sendiri berasal karena adanya goa kecil yang ada di sekeliling hutan pinus, yang dahulu dijadikan lahan penambangan pasir. Gua sedalam 5 meter dengan ketinggian 1 meter ini menjadi ikon dan daya tarik dari objek wisata ini.

Goa Pinus (Dok: Instagram/@risnandadevamn)
Goa Pinus (Dok: Instagram/@risnandadevamn)

Selagi Anda berwisata alam di sini jangan sampai Anda lupa untuk foto-foto ya. Anda bisa menemukan banyak spot foto di sini. Bahkan, Anda bisa foto dengan latar pemandangan alam yang indah dan instagramable.

Harga tiket masuk: Rp 5.000 di hari biasa, Rp10.000 di akhir pekan dan hari libur. Beralamat di Gang Mbah Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Jadwal buka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.30 WIB

6. Puas bermain air di Mata Air Sumber Sirah
 
Menikmati udara sejuk pegunungan sambil berendam bisa jadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Di Malang, Anda bisa mampir ke Wisata Mata Air Sumber Sirah yang menawarkan keindahan alam.

Mata Air yang berada di objek wisata ini adalah sumber air tawar alami yang berasal dari pegunungan. Saat sampai Mata Air Sumber Sirah,  Anda akan disambut dengan telaga alam yang memiliki air luar biasa jernihnya.

Mata Air Sumber Sirah (Dok: instagram/@sulli_fant)
Mata Air Sumber Sirah (Dok: instagram/@sulli_fant)

Kejernihan air yang ada di Mata Air Sumber Sirah ini merupakan salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan datang berkunjung. Kejernihan sumber air ini membuat tanaman hijau serta ikan-ikan kecil yang ada di dalam telaga jadi terlihat dengan jelas.

Anda  bisa mengajak si kecil untuk bermain air di mata air ini karena Mata Air Sumber Sirah memiliki kedalaman yang berbeda, mulai dari 0,8 hingga 1,5 meter. Jadi si kecil bisa bermain air dengan aman.

Harga tiket masuk: Rp1.000,-. Beralamat di Jalan Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Gondanglegi, Malang. Jadwal buka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.
 
7. Melihat keunikan Pantai Tiga Warna

Selain terkenal karena pesona alam pegunungannya yang asri, Malang juga memiliki garis pantai dengan keindahan yang nggak kalah menakjubkan. Salah satu destinasi wisata pantai yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Tiga Warna.

Sesuai dengan namanya, pantai ini dikenal karena keindahan gradasi warna air lautnya. Dari warna biru tua, biru kehijauan, hingga putih kemerahan. Kombinasi warna indah ini lah yang menjadi daya tarik untuk pengunjung yang datang dan melihat langsung ke pantai ini.

Pantai Tiga Warn. (Dok: Instagram/@pantaitigawarna)
Pantai Tiga Warn. (Dok: Instagram/@pantaitigawarna)

Selain dapat melihat keindahan gradasi air laut yang unik, masih banyak aktivitas seru lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Tiga Warna. Anda bisa mencoba serunya snorkeling, berkunjung ke Clungup Mangrove Conservation (CMC), atau menikmati indahnya matahari terbenam.

Harga tiket masuk Rp 6.000,-. Beralamat di Jalan Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Jadwal buka setiap hari pukul 05.00 hingga 14.00 WIB
 
8. Ke kebun nunga sambil main air di Coban Talun

Kalau  Anda berencana untuk ‘ngalam’ di Malang bersama keluarga, Coban Talun bisa menjadi destinasi pilihan. Ketika  Anda sampai di Coban Talun, kamu akan segera disapa oleh suara gemuruh air terjun yang jernih banget, sehingga bisa diminum saking jernihnya.

Untuk sampai ke air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter ini memang harus sedikit usaha. Anda harus berjalan di antara rerimbunan hutan. Tapi tenang saja, selama menuju ke sini, Anda keindahan alam beserta dengan kicauan burung bernyanyi, serta udara yang sangat segar.

Coban Talun. (Dok: Instagram/@cobantalun)
Coban Talun. (Dok: Instagram/@cobantalun)

Masih berada di area Coban Talun, Anda bisa menemukan kebun bunga yang sangat cantik. Warna bunga-bunga yang cerah bisa bikin mood Anda naik lagi. Bahkan, orang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto prewedding.

Di sini juga ada penginapan untuk Anda yang berencana untuk tinggal lebih lama. Penginapan di sini terbilang cukup unik. Bentuk penginapannya terinspirasi dari sangkar burung merpati atau pagupon dalam bahasa Jawa.

Harga tiket masuk: Rp10.000,-. Beralamat di Jalan Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Jadwal buka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB
 
9. Coban Rondo, keindahan alam yang tersembunyi

Kalau Anda cari tempat wisata alam yang lengkap, Coban Rondo bisa jadi salah satu pilihan untuk Anda . Selain keindahan alam, area wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai opsi aktivitas yang bisa Anda pilih.

Coban Rondo terkenal karena pesona indah air terjun setinggi kurang lebih 84 meter. Jernihnya air dan sejuknya udara pegunungan, membuat air terjun ini banyak dikunjungi oleh warga Malang untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam.

Coban Rondo. (Dok: Instagram/@cobarondomalang)
Coban Rondo. (Dok: Instagram/@cobarondomalang)

Selain itu, Anda bisa mencoba aktivitas lainnya termasuk aktivitas yang menantang adrenalin Anda . Seperti river tubing, bermain paintball, atau aneka aktifitas outbond yang tersedia.

Jangan lupa untuk membawa baju ganti, ya. Karena disini banyak spot bagus untuk foto. Jadi, seusai bermain, foto-foto cantik untuk upload ke sosial media. Sempatkan juga untuk mampir ke labirin raksasa yang masih berada di sekitar area Coban Rondo.

Harga tiket masuk Rp15.000,-. Beralamat di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang. Jadwal buka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Jadi, tempat wisata mana yang Anda pilih? Jangan bingung ya!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS