alexametrics

Tips Kupas Bawang Merah Tanpa Drama dan Super Mudah

Rima Sekarani Imamun Nissa | Hiromi Kyuna
Tips Kupas Bawang Merah Tanpa Drama dan Super Mudah
Ilustrasi bawang merah. (Shutterstock)

Yuk, lakukan cara ini agar mengupas bawang merah bisa lebih cepat dan tak ada tangis setelahnya.

Suara.com - Bawang merah bisa dibilang bumbu yang sangat penting untuk masakan Indonesia. Bisa dibilang rata-rata masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebagai bumbu dasar. Namun, mengupas bawang bisa jadi tantangan tersendiri saat memasak.

Dibandingkan bawang putih dan bawang bombay, bawang merah lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dikupas. Biasanya orang akan langsung mengupas bawang merah menggunakan pisau.

Sayangnya, cara ini cenderung membuat mata pedih sampai menangis. Setelah mengupas bawang merah pun, tangan menjadi berbau. Belum lagi bawang merah yang dikupas jadi tidak terlalu rapi karena ada bagian yang terkupas.

Bila hal itu cukup meresahkan, sekarang kamu tak perlu khawatir lagi. Suara.com akan berbagi tips mengupas bawang merah dengan cepat, mudah dan nggak akan membuatmu menangis.

Baca Juga: Bokek Saat Pandemi, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Menghemat Uang Anda

Ilustrasi bawang merah (Envato elements by katrinshine)
Ilustrasi bawang merah (Envato elements by katrinshine)

Letakkan bawang merah yang akan dikupas ke dalam wadah. Kemudian siram dengan air panas, tak perlu sampai mendidih. Rendam bawang merah selama 3 menit. Buang air panas dan kupas seperti biasa.

Kulit bawang merah akan menjadi lebih lunak setelah direndam dengan air panas. Hal inilah yang memudahkan proses pengupasan bawang merah. Uap air panas pun dapat menghempas uap dari bawang merah sehingga tak ada lagi drama menangis saat proses pengupasan.

Cara yang cukup mudah, kan? Kamu bisa mengupas banyak bawang dalam waktu singkat tanpa mata pedih. Bawang merah yang sudah dikupas pun bisa kamu simpan untuk stok agar lebih praktis saat akan memasak.

Bawang merah yang sudah dikupas dan disimpan di dalam freezer bisa bertahan hingga 6 bulan, lho! Bisa banget nih, disimpan agar nantinya saat akan memasak, tinggal mengeluarkan bawang merah dari kulkas dan langsung dipotong. Masak pun jadi jauh lebih cepat.

Baca Juga: Musim Hujan Kala Pandemi, Ini 4 Tips Tetap Fit dan Prima Buat Pemotor

Komentar