alexametrics

Dody Isnaini Kahitna Ciptakan Mars Cegah Covid-19

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Dody Isnaini Kahitna Ciptakan Mars Cegah Covid-19
Ilustrasi Covid19. (Suara.com/Eko Faizin)

Lagu tersebut berjudul 3 Wajib, Aman, Iman, dan Imun.

Suara.com - Bekerjasama dengan 23 presenter televisi, personil Kahitna Dody Isnaini membuat lagu mars melawan pandemi Covid-19. Berjudul 3 Wajib, Aman, Iman dan Imun, Dody menyebut jika lagu tersebut dibuat atas permintaan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

“Kalau mendengar lirik lagu “tidur cukup itu pasti” aja, terasa di situ sentuhan popnya. Jadi kalau boleh saya mengatakan ini mars pop. Setelah lagu disetujui, saya melakukan rekrutmen terbuka lewat Instagram. Ada Friska, Kompas TV, yang pertama respons. Lalu muncul ide bagaimana kalo news anchor saja yang nyanyi,” tutur dalam siaran persnya dikutip suara.com, Kamis (29/10/2020).

Jadilah lagu yang dibuat untuk kampanye ajakan menjalani hidup sehat di tengah pandemi itu dinyanyikan oleh para news anchor yang biasa menyampaikan informasi kepada masyarakat.

"Mereka sangat dikenal di samping artis. Artis nyanyi mungkin biasa, tetapi kalau presenter berita menyanyi jadi kejutan, menarik perhatian, sehingga masyarakat bisa merasa ikut dan terajak," ungkap Dody.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Minta Pemda Awasi Perayaan Maulid Nabi Sesuai Protokol

Hampir semua televisi swasta nasional terlibat dalam pembuatan lagu ini, mulai dari TVRI, Metro TV, TV One, Kompas TV, Net TV, Inews TV, CNN Indonesia, SCTV, Indosiar, Beritasatu TV, Jak TV, RTV, dan MNC TV.

Demi kelancaran rekaman lagu, Dody rela menghampiri satu per satu presenter dengan membawa sendiri perlengkapan rekaman dan menerapkan protokol kesehatan agar benar-benar aman dan terhindar dari penularan Covid-19.

“Berita baiknya, para presenter itu suaranya bagus dan pandai menyanyi,” kata Dody selaku sutradara videoklip.

Rekaman lagu dan videoklip dilakukan di studio masing-masing presenter di televisi tempat mereka bernaung. Videoklip yang sudah rampung berdurasi 1 menit dan 13 detik itu, berharap bisa dinanti masyarakat kehadirannya di sosial media.

“Apa yang dilakukan teman-teman presenter merupakan bagian bela negara. Yang namanya pahlawan bukan hanya mereka yang mengangkat senjata. Ketika sekarang kita sedang menghadapi ancaman Covid-19, maka para dokter, petugas medis, dan juga presenter yang berjuang untuk menyelamatkan bangsa dari ancaman Covid-19 adalah juga pahlawan,” timpal Doni Monardo menanggapi.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Pengalaman Libur Panjang, Berdampak Kenaikan Kasus Corona

Aman, Iman, Imun merupakan salah satu materi kampanye pencegahan penularan Covid-19 yang menggabungkan tiga wajib dalam satu rangkaian aktivitas masyarakat. Dalam situasi pandemi, publik diajak selalu dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa, menjalankan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun. Dan wajib ketiga adalah menjaga imunitas tubuh sehingga tidak gambang terserang penyakit. Hal ini bisa dilakukan dengan istirahat yang cukup serta makan makanan bergizi dan seimbang.

Komentar