alexametrics

Zenius untuk Guru, Membantu Peran Guru di Masa PJJ

Vania Rossa | Luthfi Khairul Fikri
Zenius untuk Guru, Membantu Peran Guru di Masa PJJ
Ilustrasi guru mengajar online. (Shutterstock)

Zenius meluncurkan sistem manajemen pembelajaran untuk guru yang bisa diakses secara gratis.

Suara.com - Bertepatan dengan Hari Guru Nasional 2020 kemarin, (25/11/2020), Zenius memperkenalkan Zenius untuk Guru (ZuG), sebuah Sistem Manajemen Pembelajaran gratis yang dibuat oleh guru dan untuk guru.

Menurut Chief of Teachers Initiative Zenius Education, Amanda P. Witdarmono, pengembangan ZuG ini berangkat dari misi Zenius sebagai pionir perusahaan ed-tech yang ingin meningkatkan kompetensi pendidikan Indonesia.

“Kami memahami tantangan yang kerap dihadapi para guru saat ini dengan memiliki banyak beban, terlebih selama masa pandemi Covid-19,” ujar Amanda dalam pernyataannya secara virtual, Rabu (25/11/2020).

Kata dia, ZuG ini hadir sebagai platform co-creation untuk membantu guru melakukan pengajaran, secara spesifik dalam membagikan materi pelajaran, memilah dan menugaskan soal, serta mendapatkan analisis hasil pekerjaan siswa.

Baca Juga: Optimisme Pendidik di Tengah Tantangan Pandemi Covid-19

“Dengan sistem manajemen pembelajaran yang bisa diakses gratis, kami berharap guru-guru bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk bisa dapat meningkatkan interaksi pembelajaran yang berkualitas dengan siswa,” jelasnya.

Sementara itu, Guru SMA Gajah Mada Bandar Lampung, Ervina Septiani, mengaku sangat bersyukur adanya platform co-creation untuk guru seperti ZuG yang hadir di masa-masa sulit ini, karena baginya bisa membantu membuat materi dan soal sendiri dengan lebih efisien.

“Bagi saya sistem penilaian otomatisnya juga benar-benar menghemat waktu saat masa pembelajaran jarak jauh seperti ini. Saya juga bisa lebih fokus berinteraksi dengan siswa dan mendorong serta mengawasi kemajuan mereka,” terang dia.

ZuG juga memungkinkan para guru untuk menciptakan kelas daring, mengelola tenggat waktu pekerjaan rumah siswa, hingga membagikan video konsep dari Zenius sebagai materi tambahan yang membuat fitur semakin lengkap.

ZuG dapat diakses lewat URL guru.zenius.com. Atau, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang cara mendaftar dan mengikuti live tutorial juga dapat dilihat pada akun media sosial ZuG. Semua ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh guru di Indonesia.

Baca Juga: Curhatan Tenaga Pendidik di Hari Guru Nasional: Kebobolan Paket Internet!

Komentar