alexametrics

Alasan Penting Kontak Mata Saat Berkomunikasi

Risna Halidi
Alasan Penting Kontak Mata Saat Berkomunikasi
Ilustrasi kontak mata. [Shutterstock]

Pandangan mata saat berbicara atau mendengarkan orang lain merupakan unsur penting dalam sebuah komunikasi.

Suara.com - Dalam sebuah komunikasi tidak hanya mulut yang 'berbicara', tetapi mata dan gerak tubuh juga. Sering kali kita mendengar kalimat “mata menceritakan segala isi hati”. Hal itu karena mata dianggap bisa  berbicara secara jujur apa yang hati sedang rasakan.

Berbicara mengenai komunikasi, kontak mata adalah salah satu komponen penting. Pandangan mata saat berbicara atau mendengarkan orang lain merupakan unsur penting dalam sebuah komunikasi.

Hal ini karena mata akan menjelaskan berbagai hal tanpa harus ada pembicaraan.

Misalnya, saat sedang menyembunyikan sesuatu, kita biasanya menghindari melakukan kontak mata langsung. Hal itu karena adanya rasa malu dan tidak enak terhadap orang yang sedang kita ajak bicara.

Baca Juga: Benda Mencurigakan di Selayar, Gubernur Sulsel : Itu Mata-mata China

Mata juga mencerminkan ketulusan, integritas dan kenyamanan saat berkomunikasi dengan orang lain. Itulah sebabnya kontak mata yang baik saat bercakap-cakap menggambarkan komunikasi telah berjalan dengan baik.

Dengan melakukan kontak mata saat berbicara, pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah ditangkap. Selain itu, saat melakukan kontak mata, itu akan mendapatkan perhatian dari seseorang yang akan diajak bicara.

Hal ini sangat penting terutama saat sedang presentasi atau berpidato di depan publik. Melakukan kontak mata dengan audiens akan membuat mereka tertarik untuk mendengarkan apa yang kita bicarakan.

Dengan kontak mata, hal itu akan membuat audiens merasa jika kita berbicara dengannya. Namun, jika sebaliknya audiens akan merasa bosan karena kita tidak memperhatikannya.

Di bawah ini terdapat beberapa hal mengenai pentingnya kontak mata saat berkomunikasi seperti yang telah dikutip dari Evenesis.com berikut ini.

Baca Juga: Apa Itu Dogecoin? Simak Fungsi dan Cara Mendapatkannya Berikut

1. Kontak mata menggambarkan pendengar yang baik
Ketika melakukan kontak mata saat berbicara, hal itu akan menggambarkan jika kita merupakan pendengar yang baik. Seseorang yang berbicara akan merasa dihargai dan diapresiasi ketika kita memberikan atensi yang penuh. Selain itu, melakukan kontak mata akan membuat fokus kita terpusat dengan apa yang sedang dibicarakan.

Komentar