facebook

4 Tips Jitu Sukses Menabung di Tengah Godaan Belanja yang Makin Meresahkan

Dany Garjito
4 Tips Jitu Sukses Menabung di Tengah Godaan Belanja yang Makin Meresahkan
Ilustrasi menabung uang (Shutterstock)

Simak tips menabung yang ampuh berikut ini.

Suara.com - Menabung adalah hal sudah melekat di kepala kita sedari dulu, ada peribahasa yang mengatakan bahwa “hemat pangkal kaya”. Dari peribahasa itu kita dapat menyimpulkan bahwa jika kita ingin kaya salah satu caranya adalah dengan cara menabung dan hemat.

Menabung menjadi tema yang menarik untuk diangkat karena mungkin bagi beberapa orang menabung adalah kegiatan yang mudah namun tidak untuk sebagian lainya. Ditambah dengan efek dari kemajuan teknologi yang mempermudah akses kita untuk membeli apapun yang kita inginkan, bahkan hanya dengan rebahan di atas kasur sekalipun kita bisa memiliki barang yang memang kita inginkan.

Proses yang perlu dilakukan tergolong mudah, kita hanya perlu membuka aplikasi forum jual beli, lalu menentukan barang apa yang nantinya ingin kita beli dan sisanya kita hanya perlu bersabar menanti kurir paket mengetuk pintu rumah kita.

Kemudahan ini menjadi sebuah hal positif bagi sebagian orang namun juga menjadi hal negatif bagi beberapa orang karena mereka diharuskan untuk menahan hasrat masing-masing dalam mengeluarkan uang. Yang menjadi tantangan bagi kita di era saat ini adalah untuk menahan keinginan tersebut, kebutuhan semakin banyak pengeluaran juga akan semakin banyak.

Baca Juga: Viral Istri Tetap Bersyukur Meski Uang Belanja Cuma Rp 30 Ribu Seminggu

Untuk kalian yang memang ingin menabung tidak perlu gusar, kami sudah merangkum beberapa tips sukses untuk menabung di tengah godaan belanja yang menggebu-gebu simak ya!

1. Tuliskan Motivasi Yang Kuat

Mengapa hal ini perlu kamu lakukan adalah ketika kamu sudah menentukan tujuan kamu untuk menabung maka akan ada motivasi kuat yang muncul dari dalam dirimu untuk menabung. Lain cerita jika kamu tidak memiliki tujuan maka dengan godaan yang beraneka macam akan menggoyahkan usahamu dalam menabung.

Yang perlu kamu lakukan adalah ambil secarik kertas lalu tuliskan apa motivasi terbesarmu untuk menabung, tujuan itu bisa bermacam-macam misalkan untuk menikah, melanjutkan sekolah, menunjang hobimu atau bahkan untuk keperluan mendesak. Selanjutnya kamu bisa menempelkan kertas tersebut pada dinding kamarmu sebagai pengingat.

2. Catat Setiap Pengeluaran dan Pemasukan

Baca Juga: Bosan Rambut Pendek, Ini Tips Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Hal ini menjadi hal yang paling mendasar dalam mensukseskan kamu untuk menabung karena bagaimana kamu bisa mengetahui berapa jumlah yang harus kamu sisihkan setiap bulanya jika kamu tidak tahu berapa pemasukan dan pengeluaran setiap bulan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar