alexametrics

Bukan Sekadar Tinggal Gowes, Begini Tips Memilih Sepeda untuk Anak

Vania Rossa | Lilis Varwati
Bukan Sekadar Tinggal Gowes, Begini Tips Memilih Sepeda untuk Anak
Tips Memilih Sepeda. (Suara.com/Lilis Varwati)

Terpenting, sesuaikan dengan tinggi badan anak.

Suara.com - Bersepeda bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia. Tak heran sejak pandemi Covid-19 terjadi, tren olahraga sepeda makin banyak diminati.

Mungkin terkesan 'tinggal gowes', namun memilih sepeda yang tepat sangat penting agar olahraga jadi efektif dan nyaman. Layaknya membeli pakaian, memilih sepeda juga harus sesuai ukuran. Apalagi kalau memilih sepeda untuk anak yang baru akan belajar.

"Tips khusus untuk membelinya sih sebetulnya gak ada, yang penting sesuaikan dengan ukurannya. Misalnya anak mau belajar sepeda, bisa mulai dari roda tiga, abis itu dilepas," kata Manager Operational Build A Bike, Jimmy, saat ditemui di Pusat Sepeda, Pantau Indah Kapuk, Jakarta, Sabtu (27/3/2021).

Baca Juga: Motor Bebek Dijual Seharga Fortuner, Ini Istimewanya

Anak usia 2 hingga 4 tahun disarankan belahar memakai sepeda dengan ukuran 12 inci. Seiring bertambahnya usia dan tinggi badan anak, ukuran sepeda bisa ditingkatkan menjadi 14 inci bahkan 16, lanjut Jimmy.

Pada dasarnya, memilih sepeda untuk anak sama seperti orang dewasa. Seperti di Build A Bike, kata Jimmy, pembeli akan diminta melakukan fitting sebelum memilih sepeda. Proses fitting salah satunya dengan mengukur tinggi badan.

"Tergantung dari tinggi badan anak itu juga. Betul (mirip orang dewasa pilih sepeda), hampir mirip. Sebetulnya orang kalau beli sepeda sesuai dengan tinggi besar orang tersebut," ucapnya.

Setelah tahu ukuran yang pas, tak kalah penting juga untuk membeli sepeda yang sesuai dengan biaya yang dimiliki. Ada banyak pilihan sepeda untuk anak-anak. Menurut Jimmy, sepeda buatan lokal umumnya lebih murah daripada merek luar negeri.

"Setiap orang kan budget-nya beda-beda. Ada yang mulai dari 1 juta, 2 juta, sampai 10 juta juga ada. Biasanya brand lokal itu lebih murah daripada brand luar," ucapnya.

Baca Juga: Ngakak Abis! Bapak Ini Dorong Motor Sambil Mengayuh Sepeda

Komentar