alexametrics

Malam Ini Nisfu Syaban: Keistimewaan, Baca Yasin dan Doa Nisfu Syaban

Ririn Indriani
Malam Ini Nisfu Syaban: Keistimewaan, Baca Yasin dan Doa Nisfu Syaban
Ilustrasi berdoa di malam Nisfu Syaban. [shutterstock]

Umat Muslim dianjurkan memperbanyak ibadah di malam Nisfu Syaban yang jatuh pada Minggu, 28 Maret 2021, karena merupakan malam pengampunan.

Suara.com - Malam Nisfu Syaban tahun ini yang jatuh pada Minggu, 28 Maret 2021, Ustaz Q Nuron Habibie dari Pondok Pesantren Al Ihya Bogor mengajak umat Muslim untuk merenungkan apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, berkaitan dengan malam yang mulia ini yaitu malam Nisfu Syaban.

Kepada Suara.com, Ustaz Q Nuron mengatakan bahwa diriwayatkan dari Sayyidina Abu Musa al-Ash'ari RA. dari Nabi kita Sayyidina Muhammad SAW, beliau bersabda: “Sungguh, Allah SWT akan mendatangi hamba-hamba-Nya pada malam Nisfu Syaban dan akan memaafkan mereka, kecuali kaum musyrik dan yang sedang berselisih.” [Ibn Majah 1390, Ibn Abi Asim, dan yang lainnya]

Dalam hadits ini, ustaz yang merampungkan pendidikannya di Yaman Hadramaut ini mengajak umat Muslim merenungi beberapa poin penting keistimewaan malam Nisfu Syaban, di antaranya:

  • “Sungguh, Allah SWT akan mendatangi hamba-hambaNya pada malam Nisfu Syaban.”
  • Mengkhususkan malam Nisfu Syaban, dalam perhatian Allah SWT dan pengampunan-Nya kepada semua hamba-hamba-Nya.
  • Alasan pengecualian kepada kaum musyrik dan yang saling berselisih dari pada pengampunan Allah SWT.

"Perhatian dan pengetahuan Allah SWT kepada apa saja yang ada dalam seluruh ciptaannya dan Allah SWT telah menyampaikan kepada kita dalam banyak ayat bahwa Allah SWT bersama hamba-hamba-Nya, mengetahui akan seluruh kondisi mereka, baik besar maupun kecilnya," terang Ustaz Q Nuron.

Baca Juga: Hari Ini Malam Nisfu Syaban 1442 H, Berikut Keistimewaannya

Allah SWT berfirman:

“Apakah kamu tidak melihat bahwa Allah SWT mengetahui segala apa yang ada di langit dan segala apa yang ada di bumi.” [Surat Al-Mujadilah, Ayat 7]

“Dan Dia bersamamu dimanapun kamu berada dan Allah SWT melihat segala apa yang kamu kerjakan.” [Surat Al-Hadid, Ayat 4]

Dan telah diriwayatkan dalam Atsar yang shahih, bahwa Allah SWT turun di tiap malam ke langit dunia, kemudian memanggil: Siapa yang berdoa maka Aku akan menjawabnya?, Siapa yang mencari pengampunan maka Aku akan mengampuninya? Siapa yang memohon maka Aku akan memberi permohonannya? Malam yang dimaksud itu ialah di waktu sepertiga malam terakhir di waktu tahajud.

"Dari apa yang disampaikan, bahwa Allah SWT mengetahui keadaan kita kapanpun dan dimanapun kita berada, namun dikhusukannya malam Nisfu Syaban, agar kita lebih memerhatikan malam itu untuk lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT," ujar Ustaz Q Nuron tentang keistimewaan malam Nisfu Syaban.

Baca Juga: Disebut Waktu Mulia, Ini Amalan dan Doa Malam Nisfu Sya'ban

Ia juga mengungkapkan, dari riwayat Sayyidatina Aishah RA. Nabi Muhammad SAW bersabda:
(Allah SWT turun pada malam tanggal lima belas Syaban ke langit dunia dan mengampuni lebih banyak dari jumlah bulu domba) (Al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Komentar